PENYEBAB MAAG KAMBUH

6 Penyebab Maag Kambuh yang Mungkin Sering Dilakukan

Terima kasih sudah mengklik dan mau membaca artikel ini. Kamu bisa meluangkan waktu sebentar saja untuk membacanya sampai selesai. Siapa tahu, Kamu akan mendapatkan informasi serta solusi yang mungkin Kamu sekarang sedang membutuhkannya untuk mengatasi penyakit maag. Ikhtiarmu ini sangat bagus sebagai cara penyembuhan penyakit maag.

Seberapa sering gejala maag Kamu rasakan ?

Gejala maag kambuh adalah persoalan yang kerap membuat aktivitas sering terganggu oleh kebanyakan orang. Dan gejala yang dirasakan oleh setiap orang bervariasi ada yang mengalami maupun tidak. Namun gejala maag pada umumnya yaitu seperti mual, sulit menelan, nyeri ulu hati, berat badan menurun tanpa sebab. Frekuensi dari gejala maag yang terjadi harus segera teratasi  supaya tidak menyebabkan komplikasi penyakit lain seperti tukak lambung. Akan tetapi sebelum Kamu mengetahui cara menyembuhkannya, ada baiknya untuk memahami 6 penyebab maag kambuh.

Kira-kira apa aja itu ? 

1. Makan Terlalu Terburu-Buru 

Kalau soal ini biasanya karena kesibukan sering terjadi seperti dikejar waktu. Meskipun begitu, mau apapun alasannya makan dengan cepatmenyebabkan maag dengan gejala seperti yang telah dijelaskan sebelumnya. Oleh karena itu sebaiknya makanlah dengan porsi sedikit dan pelan-pelan supaya dapat menghindari adanya penyakit maag.

2. Stress Berlebihan dan juga Kelelahan 

Stress bisa terjadi karena kondisi tertentu sehinnga menimbulkan tekanan dan overthingking. Selain karena faktor tersebut, kelelahan pun menjadi efek dari stress seperti aktivitas fisik yang berlebihan. Namun apapun penyebabnya, keduanya menyebabkan risiko penyakit maag. Lalu bagaimana cara mengatasi stress akibat asam lambung dan maag ? Caranya mengatasi stress untuk maag adalah mengonsumsi makanan sehat, meditasi, berolahraga, berkumpul dengan orang-orang dekat, melakukan hoby, dan lain sebagainya.

3. Makanan yang Asam dan Pedas

Faktor selanjutnya karena maag yaitu makanan asam dan pedas. Keduanya dapat menaikan produksi asam lambung yang dapat menyebabkan penyakit maag karena lapisan lambung terkikis. Adapun solusinya yaitu mengonsumsi makanan sehat seperti:

Oatmeal 

Oatmeal ini adalah makanan gandum yang dapat menyerap kelebihan asam lambung. Selain itu dapat melindungi lapisan lambung dari risiko iritasi karena asam lambung yang meningkat, sehingga membantu penyembuhan maag. Kamu bisa konsumsi sejenis oatmeal tetapi dari pati umbi garut yang jauh lebih works untuk mengatasi penyakit maag. Namanya adalah Oriflakes yang bisa digunakan untuk gaya hidup sehat seperti mengatasi penyakit maag. Untuk rasanya sendiri enak, dan juga nikmat karena divariasikan dengan berbagai rasa. Jika kamu ingin yang original pun tersedia, silahkan hubungi  0888-0279-4039 untuk informasi lebih lanjut.

Pisang 

Yup makanan yang bersifat basa ini dapat dijadikan solsusi penyakit maag. Pisang juga memiliki tekstur yang lumat sebagai lapisan pelindung lambung maupun kerongkongan dari asam lambung dan iritasi akibat maag. Selain itu kandungan seratnya yang tinggi dapat membantu melindungi lambung dari asam lambung. Untuk cara menikmati pisang ini pun, Kamu bisa dengan membuatnya menjadi smoothies. 

Sayuran 

Pilihan tepat lagi setelah pisang yaitu sayuran hijau yang bisa Kamu nikmati untuk atasi maag. Sayuran yang boleh dimakan  penderita asam lambung yaitu bayam, kangkung, dan sawi. Ketiga sayuran tersebut mengandung gula dan lemak yang rendah sehingga dapat meminimalisir produksi asam lambung. Dan sayuran ini bisa dicerna cepat sehingga pengosongan lambung pun lebih cepat, sehingga membantu mencegah asam lambung naik ke kerongkongan. Ketika menu sayuran terasa membosankan cobalah untuk membuatnya menjadi salad sayur.

Daging Rendah Lemak 

Mempunyai penyakit maag tetap bisa mengonsumsi daging, tetapi yang rendah lemak. Adapun daging yang bisa Kamu nikmati yaitu kalkun, ikan, ayam bagian dada. Untuk cara memasaknya yaitu sebaiknya rebus atau panggang. Sebab cara tersebut dapat mengurangi risiko adanya peningkatan produksi asam lambung.

Pepaya 

Makanan selanjutnya adalah pepaya yang memiliki kandungan enzim papain. Enzim ini memiliki fungsi yaitu membantu melancarkan pencernaan dan pemecahan protein menjadi lebih mudah. Ketika pencernaan lancar dan singkat akhirnya membantu lambung tidak terpapar asam lambung.

4. Makanan Berminyak 

Penyebab berikutnya yaitu makanan dengan cara digoreng. Apalagi ketika penggorengan terlalu cepat diangkat, inilah penumpukan minyak di dalam makanan yang dapat menyebabkan maag. Cemilan gorengan ini memang sulit untuk menghindarinya karena gurih dan enak. tetapi di sini harus ingat bahwa kesehatan tubuh jauh lebih penting. Oleh karena itu, hindarilah makanan berminyak dan ganti dengan makanan yang lebih sehat rendah atau tanpa minyak.

5. Merokok 

Merokok selain membuat kesehatan jantung menjadi tercemar juga lambung terkena dampaknya. Dan merokok pun dapat menyebabkan kenaikan asam lambung yang bisa mneyebabkan iritasi lapisan lambung sehingga terjadilah penyakit maag. Memilih sehat tanpa rokok sekarang adalah waktu yang tepat. Kamu bisa ngemil sehat untuk membiasakan tidak merokok lagi.

6. Menggunakan pakaian yang ketat 

Selain karena asupan yang masuk ke dalam tubuh, pakaian yang ketat pun dapat menyebabkan kenaikan asam lambung. Oleh karena itu perhatikanlah cara berpakaian dengan tujuan terhindar dari kenaikan asam lambung.