8 Manfaat Testimoni Pelanggan Untuk Bisnis Online dan Cara Mudah Mendapatkannya
Testimoni pelanggan adalah hal yang sangat penting dan harus dimiliki jika kamu sedang membuat bisnis online. Testimoni adalah sekumpulan pernyataan dari pelanggan mengenai produk atau jasa yang telah mereka gunakan. Testimoni pelanggan ini bisa menjadi faktor kunci utama dalam mempromosikan bisnis online kamu atau menarik pelanggan potensial. Sebaiknya testimoni pelanggan menyajikan suara jujur yang tidak bias tentang suatu produk atau jasa perusahaan.
Apakah kamu ingin menghasilkan omset penjualan yang lebih tinggi dan melipatgandakan keuntungan bisnis online kamu? Biarkan pelanggan yang puas terhadap layanan kamu “menjual” produkmu dengan testimoni pelanggan. Dengan menggunakan testimoni pelanggan (ulasan dan komentar dari pelanggan kamu yang puas) dalam bentuk teks, audio, atau video di situs web , kamu tidak hanya menjawab pertanyaan untuk pelanggan potensial, tetapi juga mengubah promosi penjualan menjadi rekomendasi yang masuk akal dan jujur untuk produk atau jasa dalam bisnis online.
Berikut adalah manfaat dari testimoni pelanggan dan bagaimana kamu dapat menggunakan testimoni pelanggan secara efektif untuk mengonversi lebih banyak prospek di bisnis online kamu.
Apa manfaat testimoni pelanggan untuk bisnis online ?
Meningkatkan Loyalitas Pelanggan
Dengan menampilkan testimoni pelanggan maka itu adalah suatu bentuk apresiasi kita terhadap pelanggan. Sehingga secara tidak langsung pelanggan akan merasa terhormat dan dihargai. Karena dengan mencantumkan testimoni pelanggan akan meningkatkan ikatan emosional bisnis online kamu dengan pelanggan. Pelanggan yang loyal akan merekomendasikan bisnis online anda kepada orang lain tanpa diminta.
Meningkatkan kredibilitas
Testimoni pelanggan yang baik memiliki kemampuan untuk meyakinkan bahkan calon pelanggan yang paling enggan sekalipun bahwa produk kamu memiliki kekuatan untuk membuat perbedaan dalam hidup mereka. Hal ini membantu calon pelanggan potensial bisnis online kamu melihat bahwa produk kamu bukan hanya gimmick karena tujuan akhir produk kamu adalah membantu mereka.
Teknik marketing yang Efektif
Dalam bisnis online, testimoni pelanggan merupakan sarana yang sangat efektif untuk marketing. Karena testimony pelanggan merupakan bagian dari teknik marketing ‘word of mouth” atau teknik marketing dari mulut ke mulut. Ini adalah teknik yang gratis dan akan memberikan efek yang eksponensial terhadap bisnis online kamu. Ketika konsumen mampu memberikan testimoni pelanggan maka mereka akan terus membicarakannya bahkan merekomendasikan produk kamu, dan ini akan bergulir seperti bola salju jika produk atau jasa kamu benar-benar memuaskan pelanggan kamu.
Mendapatkan Saran Untuk Bisnis
Testimoni pelanggan dapat membuat kesempatan agar bisnis online kamu mendapatkan saran atau feedback. Karena testimoni pelanggan yang diberikan secara jujur yang berisi ulasan positif atau negatif, ada banyak hal yang bisa dipelajari dalam pengembangan produk atau layanan dalam bisnis online kamu.
Sebagai motivasi untuk karyawan
Jika kamu sebagai pemilik bisnis online, kamu dapat meminta mereka memberikan testimoni terhadap pelayanan bisnismu. Hal ini akan memberikan manfaat kepada karyawan karena mendapatkan apresiasi pelanggan atas pekerjaan mereka.
Testimoni pelanggan dapat menjadi dorongan nyata untuk semangat kerja karyawan, yang membantu meningkatkan produktivitas, penyampaian layanan, dan hubungan pelanggan.
Membangun citra positif
Testimonial meningkatkan citra positif untuk bisnis online kamu. Karena bisnis akan menjadi lebih kredibel yang didasarkan pada pengalaman yang nyata. Media sosial, khususnya, adalah alat yang hebat untuk menyebarkan reputasi dengan cara ini. Hal ini juga menunjukan bahwa perusahaanmu bersifat terbuka terhadap kritik pelanggan dan terlihat lebih bertanggung jawab.
Sebagai sumber ide baru
Bisnis online yang berkembang adalah mereka yang selalu berinovasi dan berkreasi menghasilkan ide-ide baru. Tidak ada salahnya mengambil testimoni pelanggan sebagai sumber ide baru tersebut dan mengeksekusinya
Meningkatkan penjualan
Testimoni pelanggan yang positif memiliki segudang manfaat untuk bisnis online salah satunya meningkatkan penjualan. Jika produk kamu beragam maka kamu akan mendapatkan testimoni dari produk tersebut. Jika pelanggan yang berbeda memposting ulasan berbeda tentang manfaat yang mereka peroleh dari menggunakan produk kamu, dan bagaimana kehidupan mereka berubah menjadi lebih baik, kamu akan dapat menarik sejumlah jenis pelanggan yang berbeda.
Bagaimana Cara Meminta Testimoni Pelanggan ?

Bukan hal yang sulit untuk mengirim pesan massal yang meminta testimoni dari semua pelanggan terdaftar. Namun, beberapa hal perlu diperhatikan agar kegiatan meminta testimoni berjalan efektif tidak terjadi kesalahan yang justru akan merugikan bisnis online kamu.
Follow Up pelanggan
Hubungilah pelanggan yang baru-baru ini membeli produk atau jasa untuk mendapatkan testimoni pelanggan. Jika mereka telah menerima layanan yang memuaskan dari bisnis online kamu, kemungkinan besar mereka akan memberikan beberapa komentar bagus.
Perhatikan Waktu yang tepat
Pasca-penjualan adalah saat yang tepat untuk bertanya. Carilah kondisi saat pelanggan merasa paling puas dan produk atau layanan bisnis online kamu. Saat yang tepat untuk meminta testimoni adalah setelah penjualan pertama selesai, atau setelah bisnis pertama yang berulang. Atau, proses permintaan dapat dilakukan secara otomatis setelah setiap penyelesaian. Misalnya saat pembayaran atau saat produk diterima. Kamu juga bisa menyertakan pesan terima kasih, penawaran loyalitas khusus, tautan diskon, dll.
Minta testimoni lebih detail
Hal yang penting adalah penjelasan testimoni pelanggan yang lebih spesifik karena lebih dipercayai. Hal-hal umum seperti testimoni singkat ‘Pelayanan Oke!’ sebaiknya dihindari. Meskipun hal itu benar, namun tidak terlalu informatif, dan mudah dipalsukan. Format testimoni pelanggan yang lebih baik adalah dengan Tanya Jawab. Pastikan juga untuk menyertakan tanggal spesifik dan tanggal yang dapat diverifikasi untuk meningkatkan kredibilitas.
Berikan Insentif
Waktu orang sangat berharga dan tidak ada masalah memberikan pelanggan Anda sesuatu sebagai imbalan atas waktu dan testimoni mereka. Diskon untuk pembelian di masa mendatang atau hadiah kecil gratis dapat membantu menarik mereka memberikan testimoni pelanggan.
Hindari Blast pesan
Meskipun blast pesan secara massal bisa efektif dalam hal jumlah, namun ini mungkin akan mengurangi rasa sentuhan personal atau emosional untuk pelanggan yang ditargetkan. Pilihlah target Anda dengan hati-hati berdasarkan status, skala pembelian, dan hubungan yang berkelanjutan. Sapalah pelanggan kamu dengan nama mereka.
Karena pelanggan yang dihubungi secara pribadi akan lebih cenderung merespons dan lebih detail.
APA SELANJUTNYA?
Setelah mengetahui cara mendapatkan testimoni pelanggan semoga dapat membuat bisnis online kamu semakin berkembang. Namun bagi kamu yang masih bingung mau mulai bisnis online apa, bergabunglah jadi mitra Oriflakes. Karena selain kamu mendapatkan keuntungan karena produknya laris manis di pasaran. Kamu juga akan mendapatkan berbagai marketing kit berupa foto maupun video produk yang menarik yang bisa kamu gunakan sebagai konten promosi. Selain itu ada ribuan testimoni pelanggan yang sangat positif karena terbantu dengan produk Oriflakes.
Tidak memiliki modal besar?
Tenang karena untuk menjadi mitra Oriflakes tidak dibutuhkan modal yang besar. Mulai dari 300 ribuan kamu bisa bergabung menjadi mitra PT Serelia Prima Nutrisia dan dapatkan cuan sebanyak banyaknya. Penasaran bagaimana caranya? Hubungi CS Kami segera
RAIH KEUNTUNGAN
BERMITRA BERSAMA ORIFLAKES
PAKET SALESMAN
1 Juta
SALESMAN
Spesial untuk 5 pendaftar pertama setiap minggu
Terdaftar sebagai member
Mendapat fasilitas marketing
Area pasar tak terbatas
Seluruh Indonesia
PAKET RESELLER
7 Juta
RESELLER
Dibuka hanya untuk 3 pendaftar setiap minggunya
Terdaftar sebagai member
Mendapat fasilitas marketing
Area pasar tak terbatas
Pemilihan produk dapat disesuaikan dengan kebutuhan
PAKET KEANGENAN
70 Juta
AGEN
Dibuka hanya untuk 3 pendaftar setiap minggunya
Terdaftar sebagai member
Mendapat fasilitas marketing
Area pasar tak terbatas
Pemilihan produk dapat disesuaikan dengan kebutuhan
PAKET DISTRIBUTOR
300 Jt
DISTRIBUTOR
Dibuka hanya untuk 1 pendaftar setiap 3 bulan sekali
Memiliki kesempatan menjadi distributor tunggal di kota tingkat propinsi
Mendapatkan data dan area pasar keagenan di wilayahnya
KANTOR ORIFLAKES
JL. Imogiri Timur KM.9, Bantul, Yogyakarta WhatsApp : 0888-0279-4039