HINDARI MAKANAN INI

4 jenis Makanan dan Minuman yang Harus dihindari Bagi Asam Lambung

Demi kebaikan kesehatan diri, penderita asam lambung sebaiknya mengindari jenis makanan serta minuman sembarangan. Memang tidak mudah, tetapi asalkan ada kemauan pasti bisa. Sebab Kamu pasti setuju bahwa kesehatan diri sangatlah penting, sehingga perlu dan pentingnya menjaga asam lambung. Lalu apa saja makanan dan minuman yang harus dihindari ? Simak penjelasannya berikut.

MAKANAN PENYEBAB ASAM LAMBUNG, HINDARI MAKANAN INI, ASAM LAMBUNG HINDARI MAKANAN INI

Baca juga : Cara aman atasi asam lambung naik

 Pantangan Makanan Untuk Penderita Asam Lambung 

Penderita asam lambung terkadang tidak terlepas mengonsumsi asam, pedas, berlemak, dan hal lainnya. Kebiasaan tersebut yang menyebabkan produksi asam lambung melambung tinggi akhirnya terjadilah penyakit seperti maag, GERD, dan juga tukak lambung. Lebih parahnya apabila terus berulang demikian akan menyebabkan penyakit kanker lambung dan kerongkongan. Oleh karena itu kesadaran serta kemauan melakukan pantangan makanan sangat penting guna mencegah hal buruk. Inilah makanan yang sebaiknya Kamu hindari.

  1. Makanan Pedas    

Mengosumsi makanan pedas sangat rentan untuk masalah pencernaan, misalnya mengalami perut mulas, sakit hingga akhirnya diare. Kondisi ini tentu tidak baik juga bagi yang mengalami asam lambung karena akan memperparah kondisi. Cabai memiliki senyawa capsaicin yang menyebabkan proses pencernaan dalam perut lebih lama. Akhirnya terjadilah penumpukan asam di dalam perut yang dapat menyebabkan kenaikan asam lambung.

    2. Makanan Asin 

Apapun yang berlebihan tentu tidak baik, seperti halnya yaitu mengonsumsi makanan asin. Alasannya adalah makanan yang mengandung garam berlebih akan memicu refkluks asam lambung. Apalagi asupan yang mengandung garam dengan cara digoreng, inilah pemicu besar yang akhirnya asam lambung menjadi naik. Oleh karena sebaiknya konsumsi makanan tersebut dalam jumlah yang cukup.

    3. Makanan Berlemak Tinggi 

Lemak  bisa menjadi energi bagi tubuh manusia, tetapi bisa menjadi hal yang berisiko ketika jumlah konsumsinya secara berlebihan. Terlebih apabila cara pembuatannya yaitu dengan cara digoreng. Jumlah minyak yang banyak serta lemak dalam daging akan menyebabkan penumpukan asam lambung dalam perut. Oleh karena itu sebaiknya kurangi dan hindari makanan yang berlemak.

    4. Makanan  Asam 

Makanan selanjutnya yang perlu dihindari yaitu makanan yang bersifat asam seperti tambahan asam, lemon, jeruk nipis, dan lainnya. Hal ini akan menyebabkan produksi asam lambung meningkat yang akhirnya menimbulkan penyakit. Apalagi ketika percampuran antara makanan asam dan juga pedas tentu ini menjadi faktor terbesar terjadinya asam lambung.

Dan Ini Minuman yang Harus dihindari Untuk Penderita Asam Lambung 

  1. Teh dan Kopi 

Teh dan kopi mengandung kafein yang terbilang banyak, sehingga dapat menyebabkan produksi asam lambung berlebih. Cobalah atasi dengan mengonsumsi minuman lainnya yang lebih aman seperti susu kambing etawa Origoat.

    2. Minuman Bersoda 

Selain teh dan juga kopi, minuman bersoda ini pun mengandung kafein yang dapat memicu asam lambung. Bahkan minuman yang menimbulkan gelembung ini dapat membuat sendawa yang dapat membuat sakit apabila lambung sudah terinfeksi asam lambung.

    3. Minuman Beralkohol

Dan selanjutnya adalah minuman berakohol yang dapat mengendorkan otot sfingter, sehingga membuat kenaikan asam lambung ke kerongkongan. Kondisi ini akan menyebabkan penyakit gerd semakin parah.  Selain itu juga dapat mengiritasi kerongkongan sehingga bisa memicu kanker kerongkongan.

    4. Minuman dalam Kemasan 

Minuman dalam kemasan memang lebih praktis, tetapi sayangnya banyak dari minuman kemasan mengandung asam nitrat meskipun tidak semua ya. Asam nitrat ini yang dapat menyebabkan produksi asam lambung naik, sehingga menyebabkan penyakit seperti maag, GERD, dan juga tukak lambung. Oleh karena itu sebaiknya hindari minuman dalam kemasan dengan kandungan lemak serta gula yang tinggi.

 Hal lainnya yang Perlu diperhatikan Untuk Atasi Asam Lambung 

Tidak hanya makanan dan minuman yang menyebabkan asam lambung naik tetapi juga ada hal lain seperti

Gaya Hidup

Gaya hidup tidak hanya seputar mengonsumsi makanan dan minuman yang tidak sehat, melainkan juga kurang peduli akan kebiasaan seperti begadang, overthingking, mengonsumsi makanan junk food tetapi malas berolahraga.

Pola Makan

Selain gaya hidup pun, pola makan sebaiknya harus Kamu jaga misalnya seperti makan porsi kecil tapi sering, jangan makan sebelum tidur, dan ubah cara memasaknya yaitu dengan merebus. Ketika Kamu sudah konsisten melakukan hal di atas, asam lambung akan semakin membaik.

KANTOR ORIFLAKES

JL. Imogiri Timur KM.9, Bantul, Yogyakarta WhatsApp : 0882-3229-3191


Facebook


Instagram


Youtube


Whatsapp


Hubungi Kami

  • Inilah Manfaat Minum Air Putih Hangat untuk Asam Lambung Terkadang rasa suka dan kenyamanan mengalahkan akal sehat. Contohnya adalah nyaman terhadap kebiasaan mengonsumsi makanan berlemak…

    Baca Selanjutnya

  • Kayu Manis untuk Asam Lambung  Jenis rempah satu ini memiliki aroma yang khas yaitu wangi menyegarkan sehingga banyak dimanfaatkan dalam bumbu masakan. Bahkan kayu manis…

    Baca Selanjutnya

  • 8 Rekomendasi Cemilan Sehat untuk Asam Lambung              Punya riwayat asam lambung suka kambuh ? Tetapi suka ngemil ? Tenang…

    Baca Selanjutnya

  • oriflakes, bubur sereal umbi garut

    BAHAYA ASAM LAMBUNG BAGI BUMIL

    ASAM LAMBUNG BERBAHAYA BAGI IBU HAMIL Awas Asam Lambung Berbahaya Bagi Ibu Hamil, Apa Aja Bahayanya ? Keadaan saat hamil sangat dirasakan oleh banyak ibu…

    Baca Selanjutnya