OBESITAS BERBAHAYA BAGI IBU HAMIL

Awas Obesitas Berbahaya Bagi Ibu Hamil

oriflakes, bubur sereal umbi garut
Ketahui bahaya obesitas bagi ibu hamil

Memang umumnya kondisi saat hamil sangat mempengaruhi keadaan berat badan bagi si ibu. Pengaruh berat badan terhadap kehamilan yang tidak terkontrol akan menyebabkan terjadinya obesitas. Obesitas inilah yang bisa membahayakan kondisi ibu dan janin yang ada di perutnya. Meskipun begitu tak sedikit orang bisa menahan apa saja yang menjadi pemicu kenaikan berat badan secara berlebih. Padahal bahaya obesitas ini tidak main-main.

Lalu Bahaya Obesitas Bagi Ibu Hamil, Apa Saja ? 

Menurut laman alodokter.com bahwa ukuran orang Asia bahwa ibu hamil bisa dikatakan obesitas jika Indeks Masa Tubuh (IMT) sebesar 25 atau lebih. Dan risiko karena obesitas, yaitu:

Baca juga : Ketahui gejala asam lambung dan maag

  1. Hipertensi Gestasional 

Hipertensi Gestasional terjadi pada ibu hamil yaitu karena mengalami tekanan darah tinggi. Apabila tekanan darah tinggi tidak segera ditangani, maka akan menyebabkan penyumbatan dalam pembuluh darah. Akibatnya yaitu rahim tidak mendapatkan pasokan oksigen yang cukup dan kehamilan jadi tergangggu. Pada trisemester pertama dapat menyebabkan keguguran, sedangkan pada trisemester 3 dan 4 dapat menyebabkan gangguang perkembangan janin.

     2 Preeklamsia 

Preeklamsia merupakan komplikasi akibat hipertensi gestasional yang apabila tidak ditangani oleh dokter akan membahayakan bagi ibu maupun janin dalam kandungan. Biasanya gejala yang sering dialami yaitu seperti sakit kepala hebat, gangguan penglihatan, napas terasa sesak, mual sampai muntah. Menurut alodokter.com apabila tekanan darah telah mencapai 140/80 ml atau lebih maka akan menyebabkan preeklamsia.

     3. Diabetes Gestasional

Faktor selanjutnya karena obesitas yaitu diabetes gestasional yang bisa terjadi saat dalam keadaan hamil. Diabetes gestasional terjadi karena gula darah naik saat dalam keadaan hamil. Kejadian ini bisa terjadi dalam semua trisemester kehamilan.

Kondisi Psikis Yang Biasa Sering Dialami oleh Ibu Hamil 

Selain bahaya obesitas yang bisa Kamu alami, kondisi badan pegal, dan mual saat hamil, kondisi psikis pun bisa terjadi. Kondisi psikis berbeda-beda yang dialami oleh ibu hamil tergantung kondisi dan kesehatan ibu hamil. Dan biasanya kondisi psikis yang terjadi yaitu depresi misalnya merasakan kesedihan yang mendalam, cemas, dan khawatir terhadap sesuatu. Nah untuk mengatasi risiko depresi yang teramat dalam, Moms bisa lekukan tips berikut ini:

  1. Lakukan Pernapasan 
  • Melakukan latihan pernapasan dapat membantu ketenangan bagi si ibu hamil. Moms dapat melakukan latihan pernapasan seperti: Tarik nafas sedalam-dalamnya melalui hidung, dan tutup hidung, serta tutup mulut juga.
  • Selanjutnya, saat ibu mengeluarkan nafas, tekan tenggorokan dan setelah itu buat suara seperti suara ombak.

Cara Mengatasi Kenyamanan Saat Hamil 

Supaya saat keadaan hamil terasa nyaman meskipun pegal, dan lainnya, Moms bisa lakukan hal berikut ini, sehingga rasa sakit sedikit terobati.

Mengatasi Rasa Lelah 

Kondisi hamil memang sering memicu kelelahan, karena adanya bayi yang ada di dalam perut. Meskipun begitu, Moms bisa akali dengan istirahat dan mengonsumsi makanan penuh nutrisi. Misalnya makan Oriflakes Slim yang kaya serat serta terdapat nutrisi untuk kebutuhan tubuh. Selain itu Moms juga jangan lupa untuk minum air putih guna mencukupi kebutuhan cairan tubuh sehingga tidak terkena dehidrasi.

Nyeri Punggung 

Selain rasa lelah, nyeri punggung juga kerap ibu hamil rasakan. Untuk mengantisipasinya yaitu dengan melakukan latihan panggul seperti senam hamil, senam kagel dan pergerakan kaki yang berfungsi mengurangi nyeri punggung saat hamil.

Asam Lambung Naik Saat Hamil 

Moms boleh saja  yang selalu menjadi pantangan apabila diet tetapi mengonsumsi makanan yang bersifat asam. Apalagi ketika pedas juga menjadi menu harian, tentu asam lambung bisa menjadi naik. Sebiaknya hindari makanan pemicu asam lambung, seperti lemak, pedas dan asam. Selain terhindar dari asam lambung, juga bisa terhindar dari obesitas.

PESAN ORIFLAKES DISINI

ASAM LAMBUNG, ASAM LAMBUNG NAIK, PENYEBAB ASAM LAMBUNG NAIK, PENCERNAAN

KANTOR ORIFLAKES
JL. Imogiri Timur KM.9, Bantul, Yogyakarta WhatsApp : 0882-3229-3191


Facebook


Instagram


Youtube


Whatsapp


Hubungi Kami