Bedanya Asam Lambung dan Maag Itu Apa?

Hidup dengan gangguan asam lambung pasti sangat menyebalkan. Terlebih jika kambuh dalam rentang waktu yang sering. Apakah Kamu pernah mengalaminya ? Tenang, ada masalah pasti ada solusi supaya asam lambung tidak memperparah penyakit lain seperti maag.

Maag Dan Asam Lambung Itu Berbeda

Banyak yang mengira bahwa keduanya sama padahal ternyata berbeda. Seperti halnya rangkuman dalam laman alodokter, bahwa keduanya tidak sama, tetapi berkaitan yang akhirnya dapat menyebabkan maag akut. Asam lambung adalah cairan asam yang berasal dari proses kimiawi secara alami dan juga makanan dan minuman. Apabila tubuh memproduksi asam lambung secara berlebihan, maka ditakutkan akan melukai luka lambung dan maag pun akan terjadi.

ASAM LAMBUNG, ASAM LAMBUNG NAIK, PENYEBAB ASAM LAMBUNG NAIK, PENCERNAAN

Sedangkan maag sendiri yaitu peradangan pada lambung yang terjadi karena bakteri akibat penggunaan obat, radikal bebas, makanan yang tidak tepat, dan benjolan yang tumbuh. Seiringnya waktu, maag bisa menjadi akut ketika asam lambung mengenainya sedangkan lapisan lambung sudah menipis.

Gejala Asam Lambung dan Maag

Keduanya memang memiliki gejala yang hampir serupa. Namun ada perbedaan gejala yang bisa dirasakan oleh asam lambung dan juga maag.

Gejala Asam Lambung

Seperti penjelasan sebelumnya bahwa asam lambung penyebabnya yaitu berasal dari asam lambung itu sendiri. Sebab asam lambung yang berlebih itu dapat berasal dari makanan dan minuman. Dan gejalanya yaitu seseorang akan merasa asam pada bagian belakang mulut, tenggorokan mulai terasa sakit, untuk menelan juga lebih sakit, dada sesak, dan perut terasa mulas.

Gejala Maag 

Maag terjadi karena terdapat luka pada area dinding lambung, maka gejala yang akan dirasakan setelah makan 2 sampai 3 jam terasa nyeri, saat malam hari tidak nyaman karena sakit, mengalami muntah, dan BAB terdapat darah, serta adanya sensai terbakar pada bagian pusar dan juga tulang dada.


GEJALA ASAM LAMBUNG
Gejala Asam Lambung yang Patut di Waspadai

Penanganan Asam Lambung 

Sudah tahu kan ? Kalau asam lambung bisa membuat maag menjadi berbahaya? Untuk itu gejala asam lambung patut untuk ditangani sesegera mungkin supaya bahaya asam lambung tidak terjadi pada tubuhmu. Salah satu cara supaya menekan akibat dari gangguan asam lambung yaitu dengan mengubah pola hidup menjadi lebih sehat. Apa aja itu ?

  1. Konsisten Minum Air Putih

Banyak saingan untuk meminum air putih secara konsisten seperti halnya minuman dengan beraneka pemanis dan rasa. Padahal air putih sendiri sangat penting dan bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Melansir dari Halodoc menyatakan bahwa air putih dapat menyeimbangkan kadar pH, sehingga kinerja usus untuk menyerap makanan bisa cepat sehingga kondisi lambung pun tidak mengalami penumpukan. Hal tersebutlah yang dapat menangani asam lambung tidak naik ke kerongkongan.

2. Hindari Porsi Makan yang Terlalu Banyak

Mulailah konsumsi makanan dalam porsi sedikit dan tekstur yang lembut serta tidak bersifat iritatif, yang membuat ‘serangan’ asam lambung dimulai. Kemudian, lanjutkan dengan membiasakan diri makan secara teratur serta lebih sering frekuensinya, yaitu 4-6 kali sehari dalam porsi yang kecil.

3. Minum Air Putih

Air putih sangat dibutuhkan untuk menyeimbangkan kadar pH sehingga usus bekerja lebih cepat dalam proses pengosongan lambung. Jadi, perbanyaklah konsumsi air putih ketika asam lambung Anda kambuh.

4. Minum Oriflakes Gastro

Sudah pernah mendengar Oriflakes Gastro ? Sereal yang terbuat dari umbi garut, dan fungsinya mampu menetralisisr asam lambung yang berlebih. Oriflakes ini pun memberikan manfaat untuk bantu mengobati penyakit seperti maag, tukak lambung, serta GERD. Kamu boleh mencobanya untuk merasakan manfaatnya.

ORIFLAKES GASTRO
ORIFLAKES GASTRO

Bagaimana cara mendapatkan ORIFLAKES ??

ASAM LAMBUNG, ASAM LAMBUNG NAIK, PENYEBAB ASAM LAMBUNG NAIK, PENCERNAAN

KANTOR ORIFLAKES

JL. Imogiri Timur KM.9, Bantul, Yogyakarta WhatsApp : 0888-0279-4039


Whatsapp


Youtube


Facebook


Instagram


Hubungi pakar kami