oriflakes obat asam lambung sereal umbi garut

PERBEDAAN MAAG DAN TUKAK LAMBUNG

Maag dan Tukak Lambung

Maag dan tukak lambung adalah masalah yang sama-sama terjadi pada lambung. Penyebab keduanya yaitu karena makanan, minuman, stress, obat pereda nyeri, atau hal yang lainnya. Bahkan keduanya bisa lebih parah apabila semua yang menjadi penyebab tidak segera ditangani. Parahnya kondisi itu  bisa menyebabkan pendaharan, dan tidak berfungsinya lambung, sehingga bisa menyebabkan kematian. Jadi betapa pentingnya untuk menjaga lambung supaya maag dan tukak lambung tidak semakin parah. Selain kesamaan keduanya, lalu apa perbedaanya?

Maag, Asam Lambung, Tukak Lambung, Sakit Maag, obat maag, oriflakes
Perbedaan Maag dan Tukak Lambung

Pengertian Maag dan Tukak Lambung

MAAG

Maag terjadi karena adanya peradangan pada dinding lambung. Coba bayangkan ketika Kamu sedang ada acara atau aktivitas, lalu tiba-tiba maag menyerang, bagaimana ? Kondisi demikian pasti akan menggangu aktivitasmu bukan ?  Sebab maag akan menyebabkan gejala seperti nyeri pada saluran pencernaan, mual sampai muntah. Bahkan Kamu akan merasa lambung   penuh, kembung, sering bersendawa, cepat kenyang, dan ingin buang angin terus. Gejala demikian yang bisa saja sering terjadi berulang-ulang apabila tidak menjaga makanan, minuman dan faktor lainnya.

TUKAK LAMBUNG

Lambung memiliki lapisan dalam atau yang disebut mukosa, sedangkan mukosa sendiri memiliki perlindungan yaitu mukus (selaput lendir). Mukus ini akan mengalami pengikisan karena penyebabnya ada beberapa faktor, yaitu stress, kenaikan asam lambung, obat anti nyeri, obat steroid atau anti radang, infeksi bakteri seperti Helycobacter-pylori. Bakteri H. Pylori ini berasal dari makanan, minuman, bahkan air liur orang lain. Selain itu ketika seseorang mengalami tukak lambung  penyebabnya adalah karena konsumsi alkohol, dan merokok. Jadi karena faktor-faktor itulah, lambung bisa mengalami luka tepatnya mengalami robekan mulai dari submukosa sampai otot mukosa dinding lambung, sehingga sebagian dinding lambung hilang.

Kesimpulannya adalah ketika Kamu mengalami maag  itu tandanya ada peradangan, sedangkan tukak lambung karena robekan pada dinding lambung. Semua itu harus Kamu cegah, caranya bermula dari diri kita sendiri.

Cara Mengatasi dan Mencegahnya

1. Menjaga Pikiran

Pikiran sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh. Apabila pikiranmu merasa ada yang menggangu, misalnya overthingking hingga stress, maka kadar asam lambung pun bisa naik. Nah faktor yang menjadi pemicu stress ini beragam, entah karena dari keluarga, masalah dengan teman, kantor atau yang lainnya. Untuk itu sangat penting menjaga pikiran agar tetap positif dengan membaca motivasi hidup, membaca al quran, atau hal lainnya yang membuat pikiranmu jadi lebih refresh.

2. Mengkonsumsi Asupan Sehat

 Asupan sehat sangat dibutuhkan untuk kesehatan tubuh seperti mengandung senyawa bioaktif yaitu polisakarida larut air (PLA) dan diosgenin. Kedua senyawa tersebut bersifat basa yang mampu menetralisir asam lambung, melapisi lambung, hingga mengurangi iritasi.

Melansir dari jurnal A Yuniastuti, R Susanti, R S Iswari, Universitas Negeri Semarang, 2018 bahwa PLA adalah senyawa hidrokoloid yang mampu meningkatkan viskositas pencernaan dengan sifatnya yang mampu membentuk formasi gel, sehingga dapat menurunkan kemampuan absorbsi glukosa dalam darah. Penurunan absorbs glukosa dalam darah, sehingga akan mencegah terjadinya timbunan lemak dalam tubuh, dan terjadinya kenaikan asam lambung. Kondisi demikian inilah yang bisa melindungi dari penyakit MAAG dan tukak lambung.

Masih sama  melansir dari jurnal A Yuniastuti, R Susanti, R S Iswari, Universitas Negeri Semarang, 2018 bahwa diosgenin berfungsi untuk menurunkan kadar gula darah serta meningkatnya kadar insulin. Insulin ini bertugas untuk memecah kadar glukosa berlebih menjadi energi.

Nah temen-temen bisa konsumsi yang mengandung senyawa PLA dan diosgenin dalam bentuk yang lebih praktis, yaitu Oriflakes. Oriflakes ini mengandung umbi garut yang siap menjadi asupan sehari-hari.

3. Menjaga Minuman

 Selain menjaga makanan, juga menjaga minuman sangat penting. Misalnya minuman yang kerap dalam kemasan itu biasanya mempunyai kadar gula yang tinggi. Keadaan inilah bisa lemak meningkat, sehingga kadar asam lambung menjadi naik.

Pola hidup sehat adalah cara terbaik untuk mewujukan kesehatan tubuh. Dan semua itu bermulai dari diri kita sendiri. Berani bertekad dan konsisten supaya menghindari pemicu penyakit asam lambung.


Youtube


Facebook


Instagram