Gula Darah Tinggi

Gula Darah Tinggi

CEMILAN SEHAT UNTUK PENDERITA GULA DARAH TINGGI

Eranya zaman modern seperti sekarang ini, rasa-rasanya susah banget untuk nggak makan junk food. Apalagi dengan adanya aplikasi jadi lebih mudah, tinggal

kesehatan, gula darah naik, atasi gula darah naik, cegah diabetes
Gula darah naik cara atasinya

pencet, pilih menu, beli dan makanan datang. Terus yang bikin ketagihannya lagi yaitu menunya enak, ada yang pedes, manis, dan gurih. Belum lagi pilih minumannya yang manis banget kayak boba gitu. Haduhh tapi kalau ingat itu jadi sedih, soalnya gula darah tinggi jadi kambuh. Semenjak itu bayangan-bayangan tentang risiko gula darah tinggi selalu muncul, seperti berat badan turun drastis, sering buang air kecil, sering merasa lapar dan haus. Gejala-gejala gula darah seperti itu tentunya sangat menghambat aktivitas sehari-hari dong. Parahnya lagi, kalau gula darah udah melonjak ke angka 180 an, waduh kepala terasa nyut-nyutan. Semenjak itu cari tahu gimana sih caranya biar gula darah bisa terkontrol. Wow ternyata cara yang seperti ini mantap juga, works gitu, jadi gula darahku lebih terkontrol, sehingga bisa bebas berpetualang kemana-mana.

Yuk Ngemil yang Sehat, Tanpa Takut Gula Darah Melonjak

Soal nyemil emang paling demen banget. Nggak pandang s aat kerja, santai, rapat, pokoknya cemilan paling is the best . Tapi berhubung keseringan ngemil dan nggak dijaga, akhirnya gula darah jadi naik. Makannya menjaga asupan itu sangat penting yaitu ngemil yang sehat supaya gula darah lebih terkontrol.

Cemilan Sehat Untuk Penderita Diabetes

Telur Rebus 

Nyemil yang sehat dan mengenyangkan bisa dengan makan telur rebus. Menurut American Diabetes Association (ADA) telur sendiri memiliki indeks glikemik yang rendah, sehingga sangat recomended untuk yang menderita gula darah tinggi. Selain itu dalam satu butir telur berukuran besar, mengandung 1/2 gram karbohidrat, sehingga akan mencegah terjadinya gula darah yang tinggi. Bagusnya lagi telur rebus ini memiliki kalium yang bagus untuk kesehtan otot dan juga saraf. Wow, aku seneng banget sih sama telur rebus ini, apalagi untuk gula darah lebih terkontrol.

Keju

Biasanya sih orang-orang termasuk aku kalau ngemil suka yang asin. Nah keberadaan keju ini pas banget buat ngemil bahkan aman untuk yang menderita diabetes. Namun tetap harus jaga porsi supaya nggak berakibat fatal bagi kesetan tubuh. Dan tidak semua keju juga bisa dimakan oleh penderita diabetes, sehingga memang lebih baik pilih yang rendah karbohidrat, seperti keju brie.

Kacang Edamame 

Selain di atas, kacang edamame pun bisa banget jadi cemilan bagi yang mempunyai gula darah yang tinggi. Sebab kacang berukuran panjang dan kulit hijau ini memiliki memiliki indeks glikemik yang cukup rendah. Jadi kacang ini bisa dijadikan cemilan tanpa takut gula darah tinggi. namun perlu juga membatasi porsi supaya mencegah kejadian yang kurang mengenakan. Selain itu, kacang ini pun bisa untuk diet karena memiliki serat yang tinggi. Woww keren banget yaa?

Cokelat Hitam 

Terkadang pengen ngemil yang cokelat gitu, tapi ada perasaan takut. Tapi semenjak tahu kalau cokelat hitam ternyata boleh untuk mengonsumsinya bagi gula darah tinggi, hati terasa berbunga-bunga. Sebab  melansir dari health.detik bahwa dalam studi yang dipublikasikan Journal of Nutritional Biochemistry bahan utama dari pembuatan cokelat yang bernama monomer epicatechin dapat membantu memproduksi insulin. Insulin sendiri hormon yang berasal dari pankreas untuk mengubah gula menjadi energi.

Selain Cemilan, Ada Sereal yang Mampu Bantu Gula Darah Lebih Terkontrol 

Kalau tadi soal cemilan, pastinya hati bertanya-tanya. Apa sih sarapan yang cocok buat yang menderita gula darah tinggi ? Apalagi kondisi aktivitas padat, kerjaan banyak, nggak sempat buat sarapan. Kalau beli takutnya mengandung gula lebih, bukannya aktivitas lancar malah kenapa-kenapa. Hmmm susah deh.

Usaha memang kudu terus berlanjut, nyari-nyari sereal apa sih ? Emang bener ? Dan ternyata setelah baca testimoninya banyak yang berhasil. Woww aku merasa ada harapan untuk target-target impian kedepannya. Yup namanya Oriflakes Low Ig yang kandungannya sendiri yaitu umbi garut yang memiliki indeks glikemik rendah. Dengan begitu bisa banget buat sarapan tanpa takut gula darah melonjak. Namun ada baiknya pun harus mengontrol makan=makanan lain, supaya lebih membantu lebih cepat untuk mendapatkan gula darah yang normal.

Gula Darah Naik?

Gula Darah Naik?

oriflakes obat asam lambung sereal umbi garut

GULA DARAH NAIK ?

Gula Darah Naik ? Coba Cek Kebiasaanmu !

Apa yang anda rasakan ketika gula darah naik ? Sakit kepala, susah konsentrasi, kulit gatal serasa kering, dan mudah merasa ngantuk serta lelah ? Yup sebab apapun yang berlebihan tentu akan membahayakan salah satunya yaitu gula darah. Nah untuk itu perlunya mengontrol gula darah adalah solusi tepat untuk kesehatan tubuh. Yuk coba cek kebiasaanmu apakah ada yang bisa menyebabkan gula darah menjadi naik ?

Mengonsumsi Gula Secara berlebihan 

Apapun yang berlebihan tentu tidak baik apalagi untuk kesehatan tubuh tentu tidak mau bukan ? Oleh sebab itu, menjaga apapun supaya tidak berlebihan sangatlah penting. Salah satunya yaitu mengonsumsi gula, tetapi juga harus ada takarannya supaya tidak terjadi adanya gejala gula darah naik. Nah apabila sekarang mengonsumsi gula darah secara berlebihan, yuk batasi. Melansir dari laman Kementrian Kesehatan Republik Indonesia, menginformasikan bahwa tiap hari sebaiknya konsumsi 4 sendok makan per hari atau 50 gram gula.

Mengonsumsi Makanan Berlemak Berlebihan

Kali ini adalah lemak yang biasa kita jumpai di makanan seperti daging, olahan makanan lainnya. Nah ketika tubuh setiap hari diberikan asupan seperti itu, maka akan mengakibatkan resistensi insulin. Kondisi di mana tidak adanya respon yang baik terhadap hormon insulin. Akibatnya lemak menumpuk, membuat gula darah menjadi naik.

Mengonsumsi Makanan yang Berasal dari Tepung Terigu

Memang banyak sekali makanan yang berasal dari tepung terigu, bahkan setiap hari menjumpainya. Saking banyaknya, sehingga mau tidak mau harus mengonsumsinya. Hmmm sebenarnya bisa Kita mencegahnya, sehingga bisa mengonsumsi lainnya.

Mengonsumi Sembarang Cemilan

Mengerjakan tugas sembari negmil sepertinya adalah pilihan yang cocok. Namun karena kebiasaan itulah bisa jadi awal mula terjadinya penyakit diabetes. Apalagi ketika cemilan yang berasal dari tepung terigu serta pemanis buatan. Bisa jadi lemak, berat badan naik, dan gula dara pun naik. Nah hal beginilah sebaiknya diperhatikan. Anda bisa mengonsumsi cemilan sehat seperti apel, keju, popcorn, dan yoghurt.

Bingung mau pilih asupan apa untuk gula darah tinggi ? 

Apakah Anda pecinta manis-manis ? Kabar baik untuk Anda, bahwa sekarang ada yang manis dan menyehatkan. Penasaran ? Gula kelapa adalah solusi tepat untuk Anda, karena mengandung IG rendah yaitu 35, sehingga aman untuk penderita diabetes. Kalau ingin mencampurinya sebagai makanan pokok, Anda bisa mix dengan pati umbi garut. Sebab umbi garut pun memiliki indeks glikemik yang rendah, sehingga bisa untuk mengontrol gula darah.

Oriflakes Low Ig

Kalau Anda bingung mau bikin seperti apa, dan mau beli takut-takut. Sebaiknya Anda mengonsumsi Oriflakes Low Ig, karena ini adalah sereal yang bahannya adalah gula kelapa dan umbi garut. Cobalah konsumsi setiap pagi dan malam hari, dan buktikan manfaatnya.

Ikan Laut

Ikan laut adalah makanan yang bisa Anda konsumsi karena bisa memberika nutrisi serta gizi untuk tubuh. Nah ikan yang bisa Anda konsumsi adalah salmon, tiram, dan udang. Dan sebaiknya caranya adalah kukus bukan goreng.

Sayur-Sayuran 

Sayuran bisa menjadi pilihan Anda misalnya bayam. Bayam akan meningkatkan sensifitas insulin, sehingga akan menangani gula darah. Selain itu, bayam juga mempunyai lutein yang berguna untuk mencegah diabetes. Bahkan ketika Anda mengonsumsi bayam yang tinggi serat dan fitonutrien akan membantu tubuh mengendalikan tekanan darah.

Tomat 

Anda juga bisa mengonsumsi buah tomat, karena mengandung serat fiber. Serat tersebut mampu menjaga kadar gula darah menjadi normal. Anda bisa mengonsumsinya sevcara langsung atau dengan memblendernya. Terpenting adalah tidak menambahkan gula secara berlebihan.


Whatsapp


Youtube


Instagram


Facebook

  • Gula Darah Naik?

    Gula Darah Naik ? Coba Cek Kebiasaanmu ! Apa yang anda rasakan ketika gula darah naik ? Sakit kepala, susah konsentrasi, kulit gatal serasa kering,…

    Baca Selanjutnya

  • Makanan Berserat Mampu Bantu Menurunkan Gula Darah Makanan berserat memiliki dua jenis yang mana sifatnya tak larut dan larut dalam air. Apabila Anda sekarang sedang…Baca Selanjutnya
  • CARA SIMPLE MENJAGA GULA DARAH Tubuh membutuhkan gula yang kemudian diproses oleh pankreas melalui metabolisme untuk menjadi energi. Namun gula darah bisa menjadi abnormal apabila…Baca Selanjutnya
  • Asam Lambung Naik Bikin Sakit Kepala  Asam lambung naik bisa dirasakan oleh siapa saja, apalagi yang sering mengonsumsi daging-dagingan, atau makanan yang mengandung pemanis lebih.…Baca Selanjutnya
  • KESEHATAN, ANEMIA, ORIFLAKES

    Penyebab Anemia

    ANEMIA PENYEBAB ANEMIA Tubuh mengalami anemia karena kekurangan sel darah merah, sehingga terkadang merasa lemas bahkan bisa pingsan. Kondisi demikian tentu karena beragam faktor, salah…

    Baca Selanjutnya

  • AWAS ! APAKAH DIETMU SUDAH AMAN ?  Perkara diet bukan seberapa cepat, tetapi apakah aman ? Banyak cara untuk melakukan diet, tetapi tak banyak yang…Baca Selanjutnya
Gula Darah Naik

Gula Darah Naik

oriflakes sereal umbi garut

GULA DARAH NAIK MAKAN GULA, BOLEH ?

Tips Sehat Makan Gula 

Apa rasanya ketika gula darah naik, dan melihat sekitar pada makan yang mengandung manis? Hasrat mungkin menginginkannya, tetapi apalah daya karena kesehatan lebih penting. Pada akhirnya hanya menahan dalam dada keinginan itu bukan ? Siapa yang pernah seperti itu, hayoo?

Sebenarnya mengonsumsi gula itu boleh, hanya saja harus ada takarannya. Melansir dari alodoc berdasarkan peraturan Kementrian  Republik Indonesia menyarankan mengonsumi gula yaitu 50 gram  atau 4 sendok makan per hari. Tentu hal demikian perlu menjadi perhatian untuk lebih berhati-hati untuk asupan tubuh. Sebab, kelebihan gula darah selain menyebabkan diabetes, juga akan berdampak pada kesehatan jantung. Untuk itu mari Kita semua membiasakan membaca komposisi yang ada dalam kemasan.

Lalu seperti apa tips supaya makan gula tetap aman ?

Pahami lebih jauh kandungan gula 

Gula dalam sebuah makanan ataupun minuman umumnya banyak, tetapi tidak menutup kebenaran ada yang diformulasikan untuk diabetes. Ambilah contoh seperti gula kelapa yang mengandung indeks glikemik rendah. Tentu ini bisa menjadi acuan untuk asupan sehat bagi gula darah yang tinggi.  Sebab indeks glikemik yang rendah akan membantumu mengontrol gula darah. Kenapa harus menjaga ? Sebab gula yang Kamu konsumsi nantinya akan diolah menjadi glukosa dan selanjutnya dialirkan dalam darah. Setiap sel akan mengolahnya menjadi gula atau proses ini bernama glikolisis. Proses glikolisis ini akan membentuk asam piruvat dan asam laktat untuk menghasilkan adenosin trisfofat (ATP).  ATP inilah menjadi sumber energi utama sebagai penunjang dalam menjalankan aktivitas sehari-hari. Ketika energi utama sudah habis, maka bisa menggunakan energi cadangan yang tersimpan dalam hati. Namun kondisi orang berbeda, seperti hormon insulin yang sedikit, maka gula bisa menjadi lemak bukan energi.

Tidak perlu khawatir perihal gula darah naik, karena sekarang sudah ada solusinya yaitu Oriflakes. Oriflakes adalah produk yang salah satu komposisinya yaitu gula kelapa.

Pentingnya Menjaga Asupan 

Atur gula dalam masakan

Kebiasaan memasak menjadi salah satu solusi juga karena bisa menakar jumlah gula sendiri. Keadaan ini membantu Kamu dalam menjaga gula darah lebih terkontrol.

Konsumsi Makanan Sehat 

Kamu bisa konsumsi makanan sehat seperti sayur, buah tentunya tidak asam, biji, susu rendah lemak, dan ikan. Ikan yang mengandung asam lemak omega 3, misalnya salmon, tuna, dan sarden.

Hindari makanan mengandung pemanis tinggi

Siapa yang tahu aromanis ? Biasanya Kita bisa menjumpai di pasar malam, dan tak sedikit rasanya untuk membeli. Namun tahukah Anda ? Bahwa kandungan gulanya bagi penderita gula darah tinggi sangat banyak, sehingga sebaiknya makan dalam porsi sedikit saja. Dan lebih amannya bisa buat memakai gula kelapa.

Memakan gula dalam bentuk utuh

Bentuk makanan karbohidrat tentu akan memberika asupan gula ke dalam tubuh, sehingga ketika memilih makanan pemanis sebaiknya manis rendah kalori. Dengan begini, Kamu sudah meminimalisir asupan glukosa di dalam tubuh.

Melansir dari jovee.id bahwa Kementrian Republik Indonesia menganjurkan untuk makan 2-3 kali dalam sehari. Kemudian jarak antara makan besar dengan cemilan adalah 2,5 sampai 3 jam. Kamu bisa konsumsi cemilan seperti buah-buahan yaitu pepaya, melon, bengkoang, dan juga apel.

Olahraga Membantu Mengontrol Gula Darah 

Melakukan olahraga adalah salah satu untuk menjaga mengontrol kadar gula darah. Sebab otot membutuhkan gula untuk membakar energi. Olahraga yang bisa Kamu lakukan ialah joging, sepeda, badminton, atauun renang. Kamu bisa lakukan itu semua dengan mengatur jadwal harianmu beserta pola makanannya juga.

Tips Tepat Supaya Nggak Obesitas

Tips Tepat Supaya Nggak Obesitas

oriflakes sereal umbi garut

Tips Tepat Supaya Nggak Obesitas

Tips Tepat Supaya Nggak Obesitas​

Obesitas adalah kondisi dimana tubuh mengalami berat badan berlebih. Kelebihan berat badan membuat penderita obesitas kurang bisa menjalani aktivitas secara aktif. Hal demikian karena dipengaruhi oleh timbunan lemak yang ada di dalam tubuh. Penyebab lemak di tubuh sangat beragam, mulai dari gaya hidup yang kurang sehat seperti makan-makanan yang berminyak, olahan daging, dan masih banyak lagi. Obesitas sebenarnya bisa diatasi, supaya tidak menjadi hal yang tidak diinginkan misalnya penyakit jantung, diabetes, stroke, bahkan kanker. Memang sebelum itu terjadi segera atasi supaya obesitas tidak menjadi semakin parah. Lalu bagaimana tips tepat supaya menurunkan berat badan dan nggak obesitas ?

tips supaya nggak obesitas
  1. Menjaga Pola Makan

Makan makanan yang sehat menjadi hal penting demi kesehatan tubuh. Pemilihannya tergantung kondisi masing-masing individu. Misalnya penderita asam urat memang ada sayur yang sebaiknya dihindari, seperti bayam, kacang polong, kembang kol, dan jamur. Jadi pada intinya penderita obesitas harus pilah-pilih yang memang sebaiknya aman untuk dikonsumsi.

Hindari yang berlemak tinggi/berkalori tinggi, berminyak, pedas, dan juga mengandung kadar gula yang tinggi. Yuk mari ganti asupan yang semakin membahayakan tubuh dengan asupan yang menyehatkan dan membantu menurunkan berat badan berlebih. Asupan sehat tersebut adalah Oriflakes Slim, yang kaya serat, memberikan nutrisi, mengenyangkan, sehingga tidak perlu khawatir akan merasa lapar, dan meminimalisir makan berlebih setelahnya. Selain itu, Oriflakes Slim juga terdapat rasa cokelat yang mana rasa tersebut bisa mengurangi stress, penenang, dan cokelat yang di dalamnya aman dikonsumsi oleh penderita lambung.

  1. Hindari Makanan yang Mengandung Gula Berlebih

Makanan yang mengandung gula berlebih biasannya ada di makanan kemasan. Namun tidak semua makanan kemasan mengandung banyak gula. Nah hal tersebut memang harus hati-hati supaya kadar gula dalam tubuh tidak berlebihan. Sebab jika berlebihan, maka akan menjadi lemak. Nah ngomong-nogmong kadar gula nih, di Oriflakes Slim sangat diperhatikan masalah gulanya. Jadi Oriflakes Slim terbuat dari bahan-bahan pilihan seperti umbi garut dan gula kelapa, di mana kedua bahan tersebut sangat rendah indeks glikemiknya. Jadi tidak perlu khawatir apabila mengonsumsi Oriflakes Slim, karena aman untuk obesitas bahkan bisa menjadi anjuran untuk solusi menurunkan berat badan.

  1. Manfaatkan Waktu Luang Untuk Olahraga

Manfaatkan waktu luang untuk olahraga sangat penting bagi penderita obesitas. Sebab, dengan memanfaatkan waktu luang tersebut, maka bisa menurunkan berat badan. Olahraga yang bisa dilakukan yaitu jalan kaki, berenang atau jalan kaki di air.

  1. Tidur yang Cukup

Kurang istirahat bisa menjadi salah satu faktor menambah berat badan. Sebab ketika malam tidak tidur bisa terjadi waktu tersebut seharusnya untuk istirahat tetapi malah untuk makan. Kondisi tersebut bisa menyebabkan berat badan menjadi berlebih. Hasil dari tiap proses untuk diet malah nggak ada reaksinya atau hasilnya.

  1. Batasi Ngopi

Ngopi terkadang ada kandungan gula yang berlebih. Hal tersebut yang menyebabkan kadar gula menjadi berlebihan dalam tubuh. Jadi bisa mengakibatkan kadar gula berlebih menjadi lemak. Selain itu, ngopi efeknya adalah susah tidur, kondisi tersebut yang bisa memicu mengonsumsi makanan yang berkalori tinggi. Oleh karena itu ngopi sebaiknya diminimalisir, sehingga bisa mengurangi risiko diabetes.

Akibat Diabetes

Akibat diabetes bisa mempengaruhi kesehatan tubuh yang lainnya. Pengaruh kesehatan bagi tubuh seperti masalah psikologi, penyakit jantung, diabetes, dan hipertensi. Selain itu, akibat obesitas juga bisa mengakibatkan sering mengalami kelelahan di setiap aktivitas. Obesitas juga bisa menyebabkan tidur jadi mendengkur.

Awas Obesitas Bisa Menyebabkan Asam Lambung

Penderita obesitas tentu akan banyak lemak di perut. Hal tersebut bisa menyebabkan terjadi tekanan di perut, sehingga membuat asam lambung naik sampai kerongkongan. Oleh karena itu obesitas bisa membuat asam lambung jadi naik. Penanganan tepat jika mengalami hal tersebut adalah mengonsumsi yang bersifat basa, contohnya seperti Oriflakes Slim karena terbuat dari umbi garut, mampu menetralisir asam lambung, dan mendinginkan perut.

Cegah Gula Darah Naik – Diabetes

Cegah Gula Darah Naik – Diabetes

Tanpa Bikin Gula Darah Naik, Kamu Bisa makan Manis

Cegah Diabetes
Mencegah diabetes dengan mengkonsumsi oriflakes low ig


Makanan manis memang salah satu favorit yang banyak diminati seperti martabak manis, permen, kue, aromanis, dan masih banyak lagi. Apalagi saat-saat akhir pekan ingin rasanya membeli satu jenis tapi banyak rasa, dan makan sambil nonton drama korea misalnya. Nah memang keinginan ini perlu dikontrol supaya tidak menjadi diabetes. Terkena diabetes ini bisa mengakibatkan terkena penyakit stroke, kerusakan ginjal, dan keguguran. Diabetes sangat menyeramkan bukan? Apalagi kalau sudah ada riwayat diabetes harus lebih hati-hati ya. Kamu bisa ikutin tips makan manis tanpa bikin gula darah naik nih.


1. Batasi Asupan Makan Manis
Punya diabetes ataupun mungkin takut terkena diabetes, Kamu bisa akali dengan makan dengan porsi yang sedikit. Hal demikian supaya tubuh Kamu bisa menyesuaikan diri dengan kebutuhan gula dan dapat menyeimbangkan nutrisi.


2. Kurangi Karbohidrat berlebih
Makan yang berkarbohidrat boleh saja kok, asalkan jangan berlebihan, diatur ya porsinya, misal yang biasanya satu piring penuh mulai jadi setengah. Kamu juga bisa menggantinnya dengan sereal lho. Sereal Oriflakes Low Ig namanya, dan juga ada berbagai varian rasa, jadi kamu gak akan bosen apalagi eneg. Manfaat Oriflakes Low Ig antara lain sebagai asupan harian bernutrisi/asupan diet, mengontrol gula darah dan baik juga untuk lambung. Selain itu, Oriflakes Low Ig juga memiliki sumber inulin lho. Inulin itu apa sih? Inulin adalah serat yang berasal dari tumbuhan. Manfaatnya yaitu baik untuk pencernaan di usus, dapat mengontrol kadar gula dan menghasilkan energi. Jadi kalau Kamu mengonsumsi Oriflakes Low Ig, kadar gulamu terjaga, dan gak akan lemes karena energinya. Selain itu, jika kadar gula terjaga sudah tentu Kamu gak akan kena diabetes.


3. Berolahraga
Usahakan berolahraga ya. Tujuannya supaya sel otot dapat menyerap gula darah, sehingga bisa menurunkan kadar gula darah yang naik. Jadi diabetesmu bisa cepat sembuh.


4. Perbanyak Makan Serat
Serat yang bisa mengendalikan gula darah yaitu serat yang mudah larut. Serat yang mudah larut bisa ditemukan di sumber inulin dari tumbuhan. Nah pas banget kan, kalau Oriflakes Low Ig memiliki sumber Inulin. Jadi Kamu bisa mengonsumsi Oriflakes Low Ig sebagai asupan diabetes. Selain itu Oriflakes Low Ig juga baik untuk lambungmu lho.


5. Perbanyak Minum Air Putih
Tubuh menghasilkan hormone vaksopresin yang dapat mendorong ginjal menahan cairan. Hal demikian dapat mencegah mengeluarkan kelebihan gula dalam urine. Akibatnya bisa membuat gula terjebak di dalam darah dan membuat gula darah naik. Nah hal itu terjadi apabila tubuh kekurangan cairan atau dehidrasi. Jadi Kamu harus perbanyak minum air putih supaya mencegah kemungkinan diabetes parah ya.

6. Selektif Memilih Makanan
Selektif memilih makanan misalnya Kamu harus membaca table pada makanan. Tujuannya supaya lebih tahu apa saja sih pemanis yang ada di dalam makanan yang akan Kamu beli. Hal demikian bisa mencegah diabetes semakin parah.

Baca: Apakah di dalam tubuh memerlukan Kadar Gula?
Sebenarnya di dalam tubuh memerlukan kadar gula, namun dalam batas normal. Batas normal kadar gula darah sebelum makan sekitar 70-130 mg/dl, sedangkan dua jam setelah makan kurang dari 140 mg/dL. Kalau misalkan Kamu habis puasa maka kurang dari 100 mg/dL. Nah untuk orang yang mengalami diabetes, pankreas (befungsi membantu pencernaan) tidak dapat memproduksi insulin sesuai kebutuhan. Nah kalau insulin sulit didapat, maka sel-sel tubuh tidak dapat menyerap dan mengolah glukosa menjadi energi melainkan peningkatan kadar gula dalam darah atau mengakibatkan diabetes.

Lalu Apakah Diabetes ada Jenisnya?
Diabetes ada jenisnya yaitu diabetes tipe satu dan diabetes tipe dua. Apa sih perbedaan diabetes tipe satu dan diabetes tipe dua? Berikut ini penjelasannya.

Faktor Keluarga
Diabetes tipe 1 disebabkan karena genetik. Hal ini menyerang kekebalan tubuh atau biasa disebut autoimun. Jadi kekebalan tubuh menghancurkan sel-sel pankreas yang memproduksi insulin. Padahal insulin yang mampu menyerap dan mengolah kadar gula menjadi energi. Faktor kelebihan berat badan
Kelebihan berat badan, maka insulin akan bekerja terlalu keras bahkan bisa mati, sehingga tidak memproduksi insulin lagi.

Faktor Makanan
Kalau Kamu mengonsumsi makanan sembarangan apalagi yang mengandung susu dengan pemanis tinggi bisa membuat tubumu terkena diabetes. Kamu bisa ganti dengan Oriflakes Low Ig sebagai menu sarapan dan malammu supaya diabetes tidak lagi naik dan tetap terjaga. Jarang beraktivitas/olahraga
Kalau jarang beraktifitas otomatis berat badan bisa naik. Hal itu bisa menyebabkan insulin sulit bekerja dan diabetes bisa naik.
Kurang Vitamin D
Tubuh membutuhkan vitamin D sebagai kekebalan tubuh sehingga tidak terkena penyakit autoimun. Nah kalau kurang vitamin D, maka kekebalan tubuh melemah dan diabetes bisa meningkat.
Lemak Perut yang Tinggi
Lemak perut yang tinngi juga bisa mengakibatkan diabetes lho. Kamu bisa atasi dengan olahraga dan kurangi makanan yang berlemak. Nah untuk sarapan Kamu bisa menggunakan Oriflakes Low Ig.

Gejala Diabetes tipe 1 dan 2
Kamu bisa pastikan nih, Apakah Kamu ada gejala diabetes 1 dan 2 atau tidak. Yuk simak!
1. Kelelahan
2. Luka yang lama sembuh
3. Pandangan Kabur
4. Rasa lapar yang terjadi secara terus-menerus
5. Kamu merasa sudah minum, tetapi masih haus terus.
6. Sering mengalami infeksi pada kulit, saluran kemih.
Kalau misalkan Kamu ada gejala-gejala di atas, maka Kamu bisa langsung ke dokter untuk mengkonsultasikanya ya.

Selain gejala yang disebutkan di atas, Kamu juga bisa pastikan diabetes dengan gejala-gejala sebagai berikut.
1. Kalau Kamu merasa mulut kering kemungkinan merujuk ke diabetes. Tapi tidak selalu ya. Lalu kenapa sih orang diabetes mulutnya kering ? Diabetes, mulutnya terasa kering karena kekurangan air atau dehidrasi. Kalau sudah dehidrasi sudah pasti mulut terasa kering.
2. Munculnya bercak-bercak hitam di sekitar leher, ketiak, dan selangkangan.
3. Rasa terbakar, kaku, dan nyeri pada kaki.
4. Gatal-gatal.
Lebih lanjut Kamu bisa konsultasikan ke dokter.

Pengobatan Diabetes Tipe 1
1. Pola makan
Yuk mulai sekarang perhatikan pola makan supaya diabetes tidak lebih parah dari sebelumnya, bisa kok harus yakin. Kamu bisa memilih menu makan yang takaran gulanya tidak berlebih ya. Di Oriflakes Low Ig pas kok untuk dijadikan menu sarapan dan malam. Nah untuk siang harinya, Kamu bisa makan buah-buahan, dan sayuran juga.
2. Olahraga Teratur
Supaya lebih bisa mengontrol gula darah sebaiknya olahraga ya. Hal tersebut karena jika berat badan turun, maka insulin akan mudah bekerja. Jika insulin mudah bekerja, maka akan memproses kadar gula darah menjadi energy. Itu artinya, diabetes bis dipulihkan dengan insulin.
3. Kamu bisa pergi ke dokter untuk mengontrol gula darah. Biasanya akan diberikan hormone tertentu dengan cara disuntikan sekitar 3-4 kali sehari sesuai dosis yang pasti anjuran dokter.
4. Terakhir, Kamu bisa merawat mata dan kaki supaya mencegah komplikasi berlebih ya.

Pengobatan diabetes Tipe 2
1. Sama halnya dengan diabetes tipe 1, olahragalah dengan teratur ya. Tujuannya supaya kondisi berat badan stabil dan yang pasti insulin akan mudah bekerja. Maka diabetesmu segera teratasi.
2. Sebaiknya jika Kamu saat ini merokok, berhenti ya.
3. Berhenti minum berakohol.
4. Sama halnya dengan diabetes tipe 1, atur pola makan ya. Jangan sampai sembarangan yang menyebabkan gula darahmu semakin naik. Jangan sampai diabetesmu semakin parah.
5. Pergi ke dokter dan biasanya nanti akan diresepkan metformin. Metformin berfungsi menurunkan produksi glukosa dari hati. Jadi nanti diabetesmu semakin cepat teratasi.
6. Terakhir, Kamu harus tanamkan mindset dipikiranmu bahwa pola makan itu penting dan harus dijaga. Inget ya, tidak ada yang tidak mungkin asalkan berusaha dan jangan lupa berdoa.