Tips Menjaga Kesehatan Dimusim PANDEMI

Tips Menjaga Kesehatan Dimusim PANDEMI

oriflakes sereal umbi garut

TIPS MENJAGA KESEHATAN

TIPS, KESEHATAN, COVID, PENCERNAAN, MAAG, ASAM LAMBUNG
Tips Menjaga Kesehatan Dimusim Pandemi

MENJAGA KESEHATAN DI MUSIM PANDEMI

Haloo… Sudah berapa lama ya pandemi bersarang di negeri kita ? Ada yang sudah merasa bosen, bahkan merasa stuck gitu aja, malahan terkena asam lambung. Apakah Anda salah satunya terkena asam lambung ? Penyakit asam lambung adalah kenaikan asam lambung yang naik begitu saja karena disebabkan oleh beberapa faktor, misalnya makanan, minuman, dan bakteri H.Phylori. Oleh karena itu, meskipun Kita tetap tinggal di rumah, harus tetap memperhatikan kesehatan, meskipun godaan jajanan online menghantui. Tetap, Kita harus mengontrol untuk kebaikan di masa yang akan datang.

  1. Kontrol Asupan yang Masuk ke dalam Tubuh

Asupan dapat memberikan nutrisi bagi tubuh, tetapi juga sebaliknya bisa memberikan dampak buruk. Dampak buruk biasa terjadi karena asupannya pedas, asam, bahkan mengandung banyak lemak. Perihal itulah akhirnya tubuh tidak lagi terjaga antara jumlah batas yang seharusnya dibutuhkan oleh tubuh, sehingga menyebabkan penyakit asam lambung seperti GERD, tukak lambung, dan grastitis. Untuk mengantisipasinya, Kamu bisa mengonsumsi buah, sayur, cemilan dari olahan pisang atau lainnya yang tidak menjadi pemicu asam lambung naik.

  1. Atur Pola Jam Makan

Sebelum bekerja sebaiknya sempatkan makan, satu jam sebelum makan atau dua jam setelah tidur. Misalnya ketika kerja pukul 8, Kamu bisa sarapan pukul 7. Mengapa ? Sebab lambung akan berusaha untuk mencerna makanan lebih tertata sebelum melakukan aktivitas. Kondisi ini akan mempermudah kerja lambung, sehingga tidak menimbulkan ngantuk bagi sipemiliknya. Dan paling penting bebas asam lambung begitu.

  1. Lakukan Olahraga

Olahraga memang kebutuhan yang tidak bisa dipisahkan dalam kehidupan. Dengan berolahraga, tubuh akan mendapatkan rileksasi, proses terkontrolnya kalori dalam tubuh.

Olahraga membiasakan tubuh akan lebih semangat dalam menjalankan aktivitas sehari-hari. Kamu bia melakukan olahraga seperti joging, sepedaan, lari kecil, sebagai solusi pencegahan asam lambung naik.

  1. Konsumsi Asupan yang Bersifat Basa

Sebagai pencegahan penyakit berlanjut, sebaiknya konsumsi yang bersifat basa. Adapaun Anda bisa memakan umbi garut yang mana kandungannya terdapat senyawa polisakarida larut air (PLA). PLA ini fungsinya yakni menetralisir asam lambung dan melapisi lambung, sehingga mengurangi terjadinya iritasi.

PERUBAHAN HIDUP SAAT PANDEMI

Pandemi ini menyebabkan segala aktivitas terasa berbeda, salah satunya gaya hidup. Akan tetapi kebijakan terus berubah mengethui kondisi bisa disolusikan dengan cara menjaga protocol kesehatan. Perubahan itu bisa Kita rasakan seperti:

  1. Kebiasaan Memakai Masker

Kita merasakan sekali bahwa masker sekarang adalah kebutuhan pokok, meskipun sebelum pandemi harusnya pakai masker. Akan tetapi pandemi inilah yang menjadi faktor pemicu kesadaran diri menjaga kesehatan baik dari polusi atau virus.

  1. Kebiasaam Mencuci Tangan

Sebenarnya memang sedari kecil mencuci tangan adalah aktivitas yang sering diajarkan. Namun lambatlaun nasihat ini menjadi hal biasa, dan terkadang mengabaikannya. Padahal manfaatnya tentu untuk kesehatan tubuh sendiri, salah satunya yaitu mencegah bakteri masuk ke tubuh. Seperti halnya bakteri H. Pylori yang bisa diakibatkan karena tidak mencuci tangan, sehingga bisa menyebabkan luka atau infeksi lambung. Apalagi kalau kadar asam lambung naik, kondisi ini  akan lebih memperparah lambung.

  1. Kebiasaan Menjaga Orang Sekitar

Efek pandemic seperti ini, secara sadar akan membuat sesorang lebih reflkes menutup hidung ketika bersin. Tentu hal ini menjadi suatu hal yang harus dipertahankan, sebab cairan bersin tersebut bisa saja menularkan ke orang lain. Kondisi demikian bisa kemungkinan bakteri terjadinya virus corona, H. Pylori yang menyebabkan infeksi lambung. Lebih parahnya orang yang tertulari itu sebelumnya mempunyai riwayat asam lambung yang kronis.

BAHAYA ASAM LAMBUNG

BAHAYA ASAM LAMBUNG

oriflakes obat asam lambung sereal umbi garut

BAHAYA ASAM LAMBUNG

bahaya asam lambung

Asam Lambung

Asam lambung bisa terjadi kapan saja dan oleh siapa saja. Sebab banyak sekali faktor penyebabnya, dan terkadang susah payah untuk menghindarinya. Selain itu, banyak orang yang masih membiarkan asam lambung terjadi tanpa penanganan. Padahal hal tersebut bisa membahayakan tubuh diri sendiri. Kenapa ? Sebelumnya tubuh memang memproduksi asam lambung, dan fungsinya  membunuh bakteri dan melindungi tubuh. Selain itu juga fungsi lain adalah mencerna makanan di dalam tubuh. Banyak sekali bukan ? Namun jika jumlah kadar asam lambung berlebihan, hal inilah yang bisa menyebabkan bahaya dalam tubuh. Dengan begitu perlu tahunya kita untuk lebih peduli terhadap tubuh, karena bahayanya seperti:

  1. GERD

Pernah mendengar GERD ? atau kepanjangannya adalah gastroesophageal reflux disease. Penyakit ini terjadi karena kenaikan asam lambung ke kerongkongan. Ketika hal ini terjadi secara terus menerus, maka terjadi luka dalam kerongkongan, dan inilah yang bisa menyebabkan otot LES bisa melemah. Padahal otot LES ini berperan untuk mencegah kenaikan asam lambung pada kerongkongan,

  1. Tukak Lambung

Penyakit berikutnya adalah tukak lambung yang terjadi karena kenaikan asam lambung ke dinding lambung bagian dalam (mukosa). Biasanya penderitanya akan merasakan gejala seperti nyeri diulu hati, dada terasa panas, mual, bahkan muntah. Dan parahnya ada yang mengalami pendarahan akibat infeksi dari asam lambng yang mengenai dinding lambung. Parah bukan ? Jika dibiarkan lagi bisa jadi lambung tidak berfungsi lagi, lalu makanan dicerna melalui apa ? Nah itulah sebabnya,  mulai sekarang jaga kesehatan salah satunya dengan memperhatikan pola makan yang sehat.

Pola Makan Sehat

Semua hal pasti harus ada ikhtiarnya, dan itulah caranya supaya kita bisa tahu namanya perjuangan. Seperti menjaga makanan, meskipun suka yang pedas-pedas, dan asam, tetapi untuk kebaikan tubuh, mengapa tidak kan ? Oleh sebab itu, yang pertama adalah kesadaran diri sendiri terlebih dahulu untuk menjaga kesehatan tubuh dan salah satunya lambung.

Nggak Melewatkan Sarapan

Siapa yang sering melewatkan sarapan ? Kalau Anda sering melakukan itu, sebaiknya sekarang segera perbaiki. Sebab ketika Anda melewatkan sarapan, lalu apa yang akan dicerna ? Nah disinilah peran sarapan sangat penting. Sarapan yang nggak bikin asam lambung naik ya tentunya. Misalnya saja Anda konsumsi Oriflakes Gastro, karena kandungannya terbuat dari umbi garut yang bisa melapisi lambungmu. Selanjutnya Anda juga bisa konsumsi sayur-sayuran, dan lauknya kalau  bisa tidak digoreng yaitu direbus, panggang atau cara lain. Tujuannya supaya tidak terjadi penumpukan lemak baik di perut maupun di bagian lainnya. Ketika tidak terjadi penumpukan lemak, maka bisa mencegah kenaikan asam lambung.

Dan waktu yang terbaik untuk sarapan adalah satu atau dua jam setelah bangun tidur. Atau misal ketika kamu kerja jam 8, maka sebaiknya sarapan pukul 7. Hal tersebut untuk melindungi lambung dan mencegah lambung terinfeksi.

Perhatikan Makanan Cemilan

Siapa yang tidak suka makan cemilan ? Sepertinya cemilan adalah makanan di saat bersantai ataupun sedang dalam situasi rapat sekalipun ya. Itu adalah hal yang wajar, nah yang perlu diperhatikan yaitu, memilih cemilan yang sehat supaya tidak terkena asam lambung. Boleh saja ngemil biskuit atau yang lainnya, asalkan bahannya tidak membuat kadar asam lambung naik.

Perhatikan Waktu Makan Siang

Makan siang tidak boleh terlewat juga karena inilah waktu tepat untuk mengisi energi lagi setelah terkuras setengah hari. Makan siang bisa dilakukan pada pukul 12 sampai 13, dengan menu yang sehat seperti nasi sayur dan ayam rebus misalnya.

Selain memperhatikan pola makan, juga jangan lupa perhatikan asupan minuman.

Perhatikan Minuman

Banyak sekali minuman yang beredar di pasaran, dan tak sedikit banyak mengandung gula. Padahal apapun yang berlebihan tentunya tidak baik, apalagi kebanyakan gula. Resikonya adalah diabetes, berat badan berlebih dan akhirnya asam lambung jadi naik.

3. Kanker Lambung

Gejala kanker lambung pada tahap awal memang sulit dirasakan. Sebab kanker lambung ini sama halnya dengan gejala maag yaitu nyeri di dada, herartburn (naiknya asam lambung). Faktor penyebabnya juga beraneka ragam atau secara garis besarnya karena pola makannya yang tidak sehat, misal sering makan daging olahan, alkohol, terinfeksi bakteri pylori, jarang makan sayuran, jarang olahraga.

Semua itu sebenarnya bisa dicegah dengan memilih gaya hidup yang lebih sehat.

GEJALA SAKIT MAAG DAN CARA MENGATASINYA

GEJALA SAKIT MAAG DAN CARA MENGATASINYA

oriflakes obat asam lambung sereal umbi garut

GEJALA SAKIT MAAG DAN CARA MENGATASINYA

Apa sih gejala Sakit Maag dan Penyebabnya?

Tidak sedikit orang merasakan gejala nyeri di ulu hati, sulit menelan, berat badan turun, mual bahkan sampai muntah. Namun ada saja yang mengabaikannya, dan berpikir bahwa itu hanya hal yang biasa terjadi. Padahal itu adalah gejala penyakit maag, dan penyebab jika terjadi berulang yaitu bisa terjadi lubang pada dinding lambung atau tukak lambung. Tentu ini menjadi catatan bagi diri sendiri untuk lebih waspada dan menjaga pola hidup yang lebih sehat nggak kena maag. Sebaiknya segera atasi untuk tidak mengalami maag 2 kali atau lebih dalam seminggu. Sebab jika dibiarkan, maag bisa parah dan lambung bisa mengalami pendarahan lho. Mulai sekarang yuk mulai hidup sehat supaya nggak terjadi maag, dan kamu bisa bebas dari gangguan maag tiba-tiba.

Gejala Maag dan Cara Mengatasi Maag

Hidup Lebih Sehat Supaya Nggak Maag

Kunci untuk hidup lebih sehat ada pada diri sendiri, yaitu tidak makan pemicu terjadinya maag. Tidak mengapa jika mulai dengan cara perlahan, asalkan konsisten. Dan tentunya harus ditanamkan tekad yang kuat setiap hari bahwa usaha adalah menentukan hasil dengan doa juga. Banyak cara yang dapat Kamu lakukan untuk memulai pola hidup yang lebih sehat. Beberapa diantara lainnya yaitu:

Makanan Untuk Penderita Maag

Makanan untuk penderita maag yaitu yang sehat tidak mengandung lemak. Sebab makanan berlemak akan memperlambat proses pencernaan, sehingga akan mengakibatkan kadar asam lambung naik bahkan bisa mengiritasi kerongkongan atau dinding lambung. Lalu apa makanan yang dianjurkan untuk penderita maag ?

Bersifat Basa

Mengapa harus bersifat basa ? Sebab asupan yang bersifat basa akan mencegah dan membantu asam lambung naik. Nah perlu digaris bawahi disini, bahwa tidak harus tidap jam makan makanan yang basa. Boleh saja kok makan makanan yang nggak basa, asalkan lebih kecil porsinya ya. Dan sebelum makan makan yang nggak basa, sebaiknya dilandasi oleh asupan yang basa, misalnya asupan yang terbuat dari umbi garut.

Di jaman modern kayak gini, Kamu nggak perlu repot-repot menguras tenaga untuk membuat racikan dari umbi garut. Tenang semua sudah ada yang mudah, simple dan yang paling penting, khasiatnya dapat membantu mengatasi maagmu. Apa itu?

Pernah mendengar Oriflakes ?

Oriflakes yang beragam variannya. Mulai dari slim, gastro, dan slim. Ketiga varian itu membantu lambung terlapisi loh, sehingga mencegah terjadinya kenaikan asam lambung.

Gimana tertarik ? Bisa kok tanya lebih lanjut ke kontak yang ada di web ini.

Pisang

Buah kuning satu ini mempunyai kadar asam yang rendah lho. Jadi cocok banget buat Kamu yang  punya sakit maag. Pisang ini bisa kamu olah missal direbus terus di kasih selai kacang.

Kacang

Kacang adalah salah satu makanan yang memiliki serat yang tinggi, dan bagus untuk system pencernaan. Selain itu juga bisa memberikan nutrisi untuk tubuh

Kacang

Oalahan daging dengan cara direbus, dipanggang, atau dibakar dianjurkan. Dan sebaiknya jangan digoreng karena akan menimbulkan lemak.

Olahraga yang Direkomendasikan untuk Penderita Maag

 Kata siapa maag nggak boleh olahraga ? Justru dengan menyempatkan olahraga, maka kesehatan tubuh akan terjaga. Namun perlu diketuhi dan diterapkan, bahwa olahraga yang dianjurkan, yaitu :
  1. Berenang

Berenang adalah salah satu olahraga yang akan menggerakan otot-otot tubuh. Dengan begitu, akan menghindari tekanan perut, sehingga asam lambung nggak naik.

  1. Jalan Santai

Gerakan yang terlalu cepat dalam olahraga akan membuat otot menegang, sehingga menyebabkan perut mengalami tekanan. Keadaan inilah yang bisa membuat asam lambung menjadi naik.

Jalan santai bisa Kamu lakukan di halaman rumah, atau di sekitaran komplek.

  1. Yoga

Yoga akan memberikan peregangan dan latihan pernapasan yang sangat baik untuk penderita maag. Dengan melakukan yoga secara rutin, akan mengurangi tekanan perut, dan mencegah kenaikan asam lambung.  Selain itu dengan melakukan olahraga yoga akan mengurangi stress, sehingga bisa mencegah kenaikan asam lambung juga.

Penyebab Maag dan asam lambung

Penyebab Maag dan asam lambung

oriflakes obat asam lambung sereal umbi garut

Penyebab Maag dan cara mengatasinya

Penyebab Maag dan cara mengatasi maag
Penyebab maag dan cara mengatasi maag dengan oriflakes

Apa itu Maag ???

Maag adalah suatu gejala yang terjadi di dalam tubuh, karena adanya masalah lambung atau tepatnya terjadi peradangan pada lapisan lambung. Gejala maag biasannya mengalami nyeri di ulu hati, mual, sering sendawa, nafsu makan menurun karena perut sakit. Bahkan gejala maag bisa saja terjadi lebih dari 2 kali dalam seminggu, kalau tidak diperhatikan apa penyebabnya. Jadi perlu memperhatikan gejala penyebab maag, seperti kurang menjaga makanan, minuman, dan berpikir yang berlebih atau overthingking. Faktor penyebab maag sebaiknya segera ditangani supaya tidak semakin parah. Nah untuk memulainya yaitu berawal dari diri Kita sendiri, menjaga kesehatan tubuh, tidur yang teratur, dan olahraga yang aman untuk penderita maag. Pencegahan dengan menjaga pola hidup sehat adalah langkah yang tepat untuk tidak memicu gejala maag. Sebab jika dibiarkan begitu saja, maka gejala maag semakin menjadi bahkan bisa mengalami mual-mual secara terus-menerus. Jadi sebaiknya hindari kebiasaan buruk seperti ini ya 🙂

Kebiasaan Buruk Penyebab Maag

  1. Terbiasa Melewatkan Sarapan

Sarapan adalah hal yang sangat penting untuk menambah energi dalam tubuh. Ketika Kamu sarapan, maka makanan yang Kamu makan akan masuk melalui lambung, dan dicerna oleh enzim pepsin dan renin yang dicampur dengan asam lambung (HCL). Nah ketika Kamu terbiasa nggak sarapan, maka tidak ada yang dicerna, dan setelah itu? Terjadilah luka pada lapisan lambung (mukosa). Bahkan jika kebiasaan nggak sarapan terus dilakukan, maka akan mengalami peradangan, yang menimbulkan infeksi, Kejadian itu bisa dicegah dengan menerapkan sarapan sehat dengan Oriflakes. Oriflakes adalah sereal yang terbuat dari umbi garut yang bermanfaat untuk melapisi lambung, dan membantu menetrakisir asam lambung.

  1. Makanan yang Pedas, Asam

Kedua makanan di atas adalah faktor yang menyebabkan produksi asam lambung meningkat. Biasanya ketika sudah meningkat, dapat menyebabkan kenaikan asam lambung, sehingga bisa mengiritasi lapisan lambung, dan inilah yang menyebabkan gejala maag.

  1. Kebiasaan Overthingking

Overthingking adalah faktor yang menyebabkan asam lambung naik.  Kalau kondisi tersebut sering terjadi, mukus (pelindung lambung) akan terjadi pengkikisan, sehingga dampak yang terjadi adalah mukosa (dinding lambung) terinfeksi, menyebabkan luka dan bisa parah. Setelah itu yang terjadi lambung tidak bisa berfungsi normal karena mengalami pendarahan. Oleh sebab itu, sebaiknya perlu kontrol apa saja yang menjadi prioritas untuk dipikirkan, dan yang tidak perlu. Sebab, terkadang manusia mengedepankan perasaan, sehingga hal sepele pun menjadi beban pikiran. Padahal tidak dipikirkan pun sebenarnya tidak jadi masalah bahkan memang seharusnya tidak perlu dibesarkan. Jadi segala sesuatu perlu untuk diperhatikan, tapi sebaiknya dikontrol untuk managemen sesuatu yang lebih penting untuk dipikirkan. Hal tersebut untuk mencegah terjadinya maag, dan penyakit lainnya yang berbahaya.

4. Makanan Tingggi Lemak

Makanan tinggi lemak seperti olahan daging sapi, kambing , dan ayam memang makanan yang jadi favorit oleh kebanyakan orang. Tidak dipungkiri bahwa harganya pun mahal, tidak murah. Sebenarnya makan makanan olahan daging bagus untuk tubuh karena memiliki protein. Namun beda kondisinya bagi penderita maag. Kenapa? Sebab orang yang menderita maag terjadi salah satunya karena asam lambung yang naik. Nah asam lambung yang naik ini terjadi ketika makan makanan tinggi lemak. Makanan tinggi lemak akan melemahkan sistem pencernaan, sehingga akan memperpanjang produksi asam lambung pada tubuh.

Mengatasi Maag Tanpa Obat

Maag bisa ditangani tanpa obat lho. Namun itu tergantung kondisi maisng-maisng individu. Jika masih ringan, bisa nih solusikan dengan cara pilih asupan yang bisa melapisi lambung terbuat dari sari pati umbi garut. Sebab sari pati umbi garut memiliki senyawa bioaktif yang mampu melapisi lambung, menetralisir asam lambung, dan penyembuhan luka-luka lambung. Jadi Anda bisa coba konsumsi sari pati umbi garut. Tidak perlu khawatir, karena sekarang jaman modern, apapun bisa praktis yapi yang paling penting adalah sehat dan hygenis. Anda bisa konsumsi Oriflakes untuk mengatasi maag tanpa obat. Oriflakes ini langsung berasal dari petani, dan diambil garut pilihan. Kemudian di produksi di pabrik dengan menjaga kebersihan, mulai dari penjagaan karyawan memakai jas lab, sarung tangan, penutup rambut, dan ruangan yang bersih dan terawat. Jadi Anda tidak perlu repot-repot mengolah umbi garut, karena ada Oriflakes dari umbi garut yang praktis dan sehat.

Baca: Perbedaan maag dan tukak lambung

5 Pemicu Asam Lambung Naik

5 Pemicu Asam Lambung Naik

oriflakes

5 Pemicu Asam Lambung Naik

Pengertian Asam Lambung / Refluks

Refluks asam lambung atau biasa disebut naiknya asam lambung terjadi karena kelebihan kadar asam lambung dalam tubuh. Kadar asam lambung yang berlebihan akan menyebabkan naiknya ke kerongkongan bahkan bisa melukai luka baik pada kerongkongan maupun lapisan kulit lambung. Ketika asam lambung sudah melukai baik pada kerongkongan maupun lapisan kulit lambung tentu hal ini akan menggangu aktivitas yang sedang dijalani. Tidak sedikit orang akan mearasakan dari refluks asam lambung/asam lambung naik seperti: rasa terbakar di dada, nyeri di ulu hati, kesulitan menelan, munculnya rasa asam, pahit di kerongkongan, dan sakit pada bagian dada. Gejala-gejala ini dapat menjadi sering kali kambuh bahkan bisa 2 kali dalam seminggu. Sebaiknya kontrol makanan, supaya gejala-gejala tersebut tidak menimbulkan asam lambung semakin parah.

Tips Makan Asam Supaya Asam Lambung Tetap Aman
Mengkonsumsi makan makanan yang asam bisa membuat asam lambung naik ke kerongkongan. Naiknya asam lambung bisa menyebabkan gejala seperti terbakar di dada, nyeri di ulu hati, mual, dan rasa asam di mulut. Gejala asam lambung naik bisa saja mengalami keparahan kalau tidak segera ditangani. Kalau begitu, apakah tidak boleh sama sekali konsumsi makanan asam ? Sebenarnya boleh saja, asalkan dalam porsi yang kecil. Selain itu, harus ada yang bisa untuk melapisi lambung. Kenapa harus ada yang bisa untuk melapisi lambung? Supaya bisa menetralisir kadar dari asam makanan tersebut. Jadi ketika perut telah dilapisi oleh yang bersifat basa, maka akan mencegah kemungkinan buruk terjadi seperti pendarahan.
Selengkapnya
Bahaya Berat Badan Berlebih
Berat badan berlebih bisa terjadi oleh siapa saja baik lelaki maupun perempuan. Faktor yang mempengaruhi berat badan berlebih juga banyak seperti gaya hidup, pola makan, aktivitas fisik, dan masih banyak lagi. Nah untuk perempuan sendiri jika mengalami berat badan berlebih bisa mengakibatkan masalah salah satuya yaitu datang bulan yang tidak teratur/ menstruasi tidak teratur. Kira-kira kenapa ya? Sebab saat berat badan berlebih, maka akan mempengaruhi produksi hormon. Nah jika keseimbangan hormon sudah tergangu, maka menyebabkan menstruasi tidak teratur. Jadi jangan remehkan jika menstruasi tidak teratur ya. Sebab jika menstruasi tidak teratur, maka akan muncul masalah baru yang mungkin Kamu sendiri nggak mau itu terjadi. Untuk itu perlu pengetahuan supaya menstruasi tidak lagi tidak teratur atau lancar. Kalau menstruasimu lancar, tubuhmu juga pasti akan mendapatkan efek yang baik yaitu terasa lebih bugar dan enjoy.
Selengkapnya
5 Cara Mengatasi Maag
Maag merupakan gejala dari penyakit asam lambung, dan tukak lambung. Maag bisa terjadi ketika adanya luka terbuka pada lapisan dalam lambung. Biasannya saat maag muncul, penderita sering mengalami sakit perut, nyeri pada ulu hati seperti terbakar, perut kembung, mual, muntah mulut terasa asam atau pahit, dan mudah merasa kenyang. Ketika ciri-ciri gejala maag muncul pasti akan menggangu aktivitas apalagi jika sedang kejar deadline. Oleh karena itu, maag jangan disepelekan, melainkan harus ditangani segera sebelum semakin parah. Penanganan maag juga berbeda, pasalnya terdapat maag kronis dan maag akut. Keduannya berbeda karena maag kronis terjadi dalam jangka waktu yang lama, sedangkan maag akut terjadi ketika sebelumnya tidak kambuh, tetapi seketika kambuh dalam kondisi yang lebih parah.
Selengkapnya

Apa saja makanan yang harus dikontrol?

1. Olahan Daging

Olahan daging memang bisa disajikan di berbagai acara. Rasa dalam berbagai olahan daging pasti ingin sekali mencicip, sampai lupa sudah berapa yang masuk ke dalam tubuh. Yup, hal tersebut sangat lumrah, sebab daging salah satu yang enak untuk menjadi lauk makanan. Namun kalau tidak dapat mengontrol makan olahan daging, maka akan menyebabkan lemak berlebih dalam tubuh. Lemak yang berlebih tersebut bisa menyebabkan berat badan naik bahkan risiko penyakit jantung.

2. Makanan dan Minuman Kemasan

Makanan dan minuman kemasan seringkali menjadi solusi praktis di sela aktivitas. Apalagi sekarang minuman dan makanan kemasan sekarang ini banyak rasa tinggal pilih. Namun karena banyak rasa, memang perlu memilah-memilih yang baik untuk kesehatan. Mengapa? Makanan dan minuman kemasan terkadang memiliki kandungan asam yang berlebih. Tahu kan? Makanan dan minuman dengan asam yang tinggi akan mengalahkan jumlah hormon insulin. Kalau sudah mengalahkan hormon insulin, maka kadar asam berlebih tersebut akan memicu naiknya asam lambung.

Tapi adakah minuman yang dapat dijadikan sarapan pagi dan sehat?

Ternyata ada loh, minuman yang dapat dijadikan sarapan, sehat, dan mengenyangkan. Selain itu juga bisa digunakan untuk kesehatan lambung bahkan bisa mengobati lambung yang teriritasi. Pokoknya praktis dan sehat. Apa itu?

Oriflakes Original dan Oriflakes Gastro. Kedua Oriflakes tersebut sangat baik untuk mengontrol kadar asam lambung. Sebab dalam kandungannya memiliki senyawa bioaktif yang dapat menetralisir asam lambung, dan melapisi lambung, sehingga mengurangi iritasi.

3. Buah Asam

Mengonsumsi buah sangatlah baik untuk kesehatan tubuh. Namun perlu diperhatikan, buah apa yang tidak menimbulkan kadar asam lambung naik. Buah yang menyebabkan kadar asam lambung naik yaitu cerri asam, blakberri, palm, dan cranberry.

4. Makanan yang Mengandung Gas

Makanan yang mengandung gas seperti kembang kol, dan brokoli. Makanan tersebut bisa membuat kembung. Hal tesebut bisa menandakan bahwa asam lambug meningkat.

Selain makanan, stress juga bisa menyebabkan asam lambung naik

5. Strees

Asam lambung bisa naik bukan hanya mengonsumsi makanan saja, melainkan juga akibat stress bisa mempengaruhi. Stress bisa terjadi kapan saja dan di mana saja. Faktornya juga beraneka ragam, salah satunya seperti tekanan di kantor, patner kerja, masalah keluarga, atau hal yang mugkin belum tercapai. Ketika mengalami stress berlebih, maka akan menyebabkan asam lambung naik. Untuk itu perlu mengontrol tingkat berpikir yang tidak perlu dipikir atau solusi supaya bisa mengontrol stress. Bagaimana supaya mengontrol stress dan asam lambung tidak naik?

  1. Melakukan Hobi yang Kamu Suka

Hobi bisa membuat tingkat stress menurun lho. Sebab hobi merupakan kesenangan yang cenderung kita sukai. Kalau di tengah kesibukan, Kita melakukan Hobi, maka akan merasakan fresh, merefleksikan perasaan, sehingga bisa sedikit menenangkan pikiran.

Ketika pikiran sedikit tenang, tentu akan mencegah asam lambung naik.

     2. Sharing dengan Orang Lain

Sharing dengan orang lain bisa mendapatkan semangat baru. Mengapa? Sebab sharing dengan orang lain akan menambah pengetahuan, dan ilmu baru. Dari pengetahuian dan ilmu baru tersebut akan menambah rasa untuk lebih baik dengan tumbuhnya semangat baru. Coba sesekali sharing positif tentang perjuanagn, kegagalan kemudian bangkit versi orang lain. Hal tersebut akan membuat fresh, dan tentunya solusi supaya asam lambung tidak naik.

     3. Makan atau Minum yang disukai.

Nah makanan atau minuman yang disukai juga bisa meminimalisir stress lho. Tapi ingat, tetap jaga kesehatan dengan tidak memilih makanan dan minuman dengan asam lebih. Sebaiknya sebelum membeli harus dilihat dulu di kandungan gizi, biasannya sih ada di samping kemasan. Kalau sudah memilih makanan atau minuman yang sehat, maka akan mencegah naiknya asam lambung.

   4. Nonton Film

Banyak sekali yang memilih nonon film menjadi hal yang dapat merefresh otak. Sebab film yang disukai akan mengalihkan dari pikiran yang berlebih. Jadi nonton film bisa dilakukan sebagai cara mencegah terjadinya naiknya asam lambung.

Keempat hal di atas yang bisa mengontrol stress, ada satu hal yang bisa diterapkan dalam hidup baik-baik. Apa itu?

Pertama, stress merupakan suatu pikiran yang berlebih, sehingga memenuhi otak. Kalau penuh, otomatis daya tamping dari kapasitas otak akan menyebabkan panik, cemas, dan rasa tidak nyamna. Kedua, ketika sudah tahu stress bisa menyebabkan panik, cemas, maka cari solusi. Ketiga, solusi tepat adalah tanamkan dalam pikiran bahwa apapun yang sedang dialami hari ini pasti akan berlalu. Dan yang perlu dilakukan sekarang adalah selesaikan, perlahan, melalui proses. Parti bisa dan jangan lupa untuk berdoa. Sebab kekuatan dari yang kuasa juga akan menguatkan hati dan pikiran dari apa yang kita sedang alami.

Jadi, yuk mulai sekarang jangan terlalu berlebihan tentang suatu hal. Usahakan saja dan doa. Yakin saja jika hal itu dilakukan, maka stress bisa hilang dan tidak akan menyebabkan asam lambung naik.

Artikel Terkait Asam Lambung

Tips Makan Asam Supaya Asam Lambung Aman

Tips Makan Asam Supaya Asam Lambung Aman

oriflakes sereal umbi garut

Tips Makan Asam Supaya Asam Lambung Tetap Aman

Tips Makan Asam Supaya Asam Lambung Tetap Aman

Mengkonsumsi makan makanan yang asam bisa membuat asam lambung naik ke kerongkongan. Naiknya asam lambung bisa menyebabkan gejala seperti terbakar di dada, nyeri di ulu hati, mual, dan rasa asam di mulut. Gejala asam lambung naik bisa saja mengalami keparahan kalau tidak segera ditangani. Kalau begitu, apakah tidak boleh sama sekali konsumsi makanan asam ? Sebenarnya boleh saja, asalkan dalam porsi yang kecil. Selain itu, harus ada yang bisa untuk melapisi lambung. Kenapa harus ada yang bisa untuk melapisi lambung? Supaya bisa menetralisir kadar dari asam makanan tersebut. Jadi ketika perut telah dilapisi oleh yang bersifat basa, maka akan mencegah kemungkinan buruk terjadi seperti pendarahan. 

Tips Makan Asam, asam lambung tetap aman

Memang tidak mudah untuk meminimalisir makan makanan asam, sedangkan dalam bentuk kemasan banyak ditemui makanan asam beraneka ragam mulai dari kue, pudding, dan lain sebagainya. Namun kalau sudah bertekad, maka apapun itu harus tetap diperjuangkan supaya asam lambung tidak parah. Keparahan asam lambung bisa menyebabkan penyakit gerd. Penyakit gerd adalah penyakit yang disebabkan karena otot LES yang berada di bawah kerongkongan melemah dan bisa mengiritasi kerongkongan. Tingkat level keparahan penyakit gerd juga bisa disebabkan karena kadar asam lambung yang naik.

Tips Cegah Asam Lambung
Menderita sakit asam lambung membuat kegiatan sehari hari menjadi sangat tidak nyaman. Sakit asam lambung disebabkan karena meningkatnya asam lambung yang menuju ke esofagus atau bisa disebut dengan kerongkongan. Kondisi tersebut dapat terjadi khusunya pada bagian saluran pencernaan yang menghubungkan mullut ke lambung. Naiknya asam lambung adalah kondisi yang biasa terjadi kepada manusia pada umumnya akan tetapi nainya asam lambung tersebut dapat menimbulkan rasa nyeri pada bagian ulu hati...
Selengkapnya
Manfaat Umbi Garut
Umbi garut memiliki kandungan protein, serat, air, lemak, pati, dan zat besi. Umbi garut ini dapat mendinginkan perut, seratnya pendek sehingga mudah dicerna. Selain itu umbi garut memiliki sifat seperti lem ketika dicerna oleh lambung. Kini kamu bisa mendapatkan umbi garut dalam bentuk sereal dengan varian rasa maupun original. Sereal ini namanya ORIFLAKES. Bagaimana cara kerja oriflakes? Oriflakes bekerja menjadi lapisan seperti dinding pada lambung, sehingga tidak hanya menetralkan asam lambung juga dapat merapatkan luka-luka di dinding lambung. Kamu bisa makan oriflakes 2 kali sehari yaitu pada pagi dan malam hari. Takarannya 2-3 sendok makan, dan oriflakes diseduh dengan 150-200 ml air mendidih. Kamu bisa rasakan khasiatnya dan aktivitasmu dapat berjalan lancar.
Selengkapnya
Cara Diet Sehat Alami
Program Diet – Tubuh langsing dengan berat badan ideal adalah salah satu penunjang untuk lebih percaya diri terutama untuk sebagian besar wanita. Kelebihan maupun kekurangan berat badan mungkin juga akan menjadi sedikit problem untuk sebagian orang, sehigga saat ini tidak sedikit orang yang sering mencari cara bagaimana sih mendapatkan tubuh yang ideal ? Ya, Cara program diet yang mereka cari biasanya lebih memilih dengan program diet instan. Padahal dengan cara program diet secara instan nantinya akan menimbulkan efek samping bagi kesehatan tubuh. Sebelum Anda melakukan program diet, akan lebih baik jika Anda menentukan dahulu pilihan program diet yang akan Anda jalani nantinya. Program diet secara instan atau program diet secara sehat dan Alami. . .
Selengkapnya

Tapi jangan khawatir berikut ini tips makan asam supaya asam lambung tetap aman

1. Makan dalam porsi kecil

Makanan dalam porsi kecil seperti makan buah lemon, ataupun jeruk tak mengapa. Sebab porsi kecil, sehingga tidak akan menyebabkan meningkatnya asam lambung. Selain itu, Apakah hanya makan dalam porsi yang kecil? Boleh lakukan tips yang kedua.

2. Lapisi Lambung dengan makanan yang bersifat basa

Keasaman dalam perut bisa dinetralisirkan oleh makanan yang bersifat basa. Maka makanan yang bersifat basa sangat penting untuk tubuh. Kalau bisa asupan yang bersifat basa lebih banyak daripada yang bersifat asam. Dengan begitu, lambung akan tetap aman. Lantas apa yang perlu dikonsumsi untuk makanan yang bersifat basa?

Makanan tersebut terbuat dari sari pati umbi garut. Sari pati umbi garut ini merupakan jenis makanan yang bersifat basa. Tidak sedikit yang menggunakan bahan umbi garut sebagai bahan campuran dalam pembuatan sebuah produk. Penambahan zat pati umbi garut ini akan menurunkan ph, sehingga bermanfaat untuk menghambat penumbuhan baketri. Seperti halnya sereal Oriflakes Gastro. Oriflakes Gastro mengandung pati garut, sehingga menghambat lajunya pertumbuhan bakteri untuk lambung tidak semakin gawat. Lalu apakah ada manfaat lain dari pati garut? Manfaat lainnya adalah bisa mendinginkan perut, menetralisir asam lambung, dan melapisi lambung, sehingga bisa menjaga lambung tetap sehat.

3. Makan asam sambil melakukan hobi

Makan asam boleh loh diimbangi dengan hobi. Sebab, hobi sangat berpengaruh terhadap pengelolaan stress. Sebab dengan hobi akan mengantarkan kepada kesenangan. Artinya pikiran akan ikut refresh karena melakukan hal yang disenangi. Selain itu melakukan hobi secara rutin akan meningkatkan hormon endorfin akan membantu menurunkan stress dan rasa sakit.

Menuju tubuh yang sehat memang sebaiknya harus memilah-memilih apa saja yang hendak dikonsumsi. Lalu apa saja yang sebaiknya dihindari? Makanan yang tinggi lemak tinggi, makanan yang digoreng, soda. Lebih baik memilih sesuatu yang sehat untuk lambung. Ketika lambung sehat, maka tubuh juga akan merasakan dampaknya. Jadi lebih bebas beraktivitas, dan tentunya lebih semangat dalam kerja. Itu semua bisa diganti dengan konsumsi yang jauh lebih sehat seperti sayuran, sereal Oriflakes Gastro.  Yuk mulai sekarang ganti dengan konsumsi yang lebih sehat dengan pilihan tepat. Pilihan tepat tanpa membuat gangguan asam lambung.

Merdeka Dari Maag

Merdeka Dari Maag

Merdeka Dari Maag

Merdeka Dari Maag Dan Asam Lambung
Merdeka dari maag dan asam lambung dengan mengkonsumsi sereal umbi garut oriflakes mampu menyembuhkan maag dan asam lambung
Maag Berapapun usia Sobat pembaca kali ini pasti merasakan kebahagiaan sebab negeri tercinta kita ini sedang ulang tahun. Yup ulang tahun ke 75. Usia 75 tahun itu tentu tidak lepas dari perjuangan para pejuang yang telah gugur. Terbukti kan negeri tercinta kita ini banyak sumber daya alam yag masih menjadi hak kita. Tentu hal tersebut tidak lepas atas pertolongan Allah ya. Kalau bicara masalah para pejuang. Pernah gak sih terlintas dibenak sobat pembaca? Kira-kira para pejuang pernah sakit gak yah? Misal pas mau menyerang tiba-tiba perutnya sakit, rasa nyeri di bagian ulu hati, bahkan merasa terbakar di dada. Kan ganggu banget kalau seperti itu. Hmmm pastinya yang namanya masalah pencernaan manusia pernah mengalami. Para pejuang kan juga manusia, yakan? Masalah pencernaan yang dialami yaitu seperti maag. Maag tidak memandang siapa orangnya apa jabatnnya kalau makan tidak dijaga pasti bisa terkena maag. Bahkan yang makan dijaga pun masih ada kemungkinan terkena maag. Kenapa? Sebab ada makanan yang kita tidak tahu sebenarnya di dalam terdapat bakteri namanya Helcobacter Pylori. Bakteri ini bisa jadi muncul baik saat zaman dahulu hingga zaman sekarang, buktinya penyakit maag sampai sekarang masih ada. Nah tingal kitanya saja mencari solusinya bagaimana? Solusi bagi Pejuang untuk Merdeka dari Maag Untuk menjadi pejuang memang tidak mandeg gitu aja alias putus asa. Harus ada pengorbanan, ikhtiar dan doa tentunya. Seperti orang zaman dahulu ada iktiar dengan obat tradisional. Pernah dengar obat tradisional? Bahannya menggunakan tumbuhan sangat alami tanpa efek samping. Bahkan zaman modern seperti sekarang ini, obat tradisional masih digunakan lho. Bahan tradisional untuk mengatasi penyakit maag Banyak orang memanfaatkan sejarah leluhur dengan memanfaatkan bahan tradisional sebagai obat. Nah Indonesia sendiri mempunyai kekayaan yang luas sebab banyak dijumpai bahan tradisional sebagai obat maag. Kira-kira apa saja ya?
  1. Jahe
Siapa yang tidak tahu jahe? Sepertinya bahan satu ini sering dicampurkan di berbagai menu sekalipun minuman. Nah jahe ini efektif untuk melawan bakteri jenis H. Pylori yang menjadi pemicu magh. Sobat pembaca bisa memvariasikan jahe dengan dicampuri madu supaya rasa pedanya tidak kerasa banget ya. Selain itu, Sobat pembaca juga bisa mengonsumsi ya setidaknya 30 menit sebelum kamu makan.
  1. Umbi Garut
Nah Sobat Pembaca kali ini si putih “umbi garut” yaitu sudah sejak zaman dahulu dijadikan obat tradisional salah satunya yaitu masalah pencernaan. Kenapa? Sebab umbi garut ini memiliki serat yang tinggi. Serat yang tinggi tersebut dapat dijadikan sebagai asupan sehari-hari. Selain itu juga indeks glikemik yang rendah, serta testur dan sifatnya yang dapat mendinginkan perut. Ketika pati garut dapat mendinginkan perut, maka dapat dijadikan sebagai penerapi penderita asam lambung. Nah jika masalah lambung bisa teratasi, maka magh pun bisa sembuh tapi harus proses dan pastinya gaya hidup sehat seperti menjaga makanan, minum air putih dan olahraga. Di era yang sudah modern sekarang ini, Sobat pembaca tidak perlu repott-repot untuk meracik yang akan menghabiskan waktu Sobat. Nah kini sudah ada kemasan praktis Oriflakes solusi lambung sehat bebas maag. Sobat pembaca bisa buktikan sendiri.
  1. Madu
Madu dapat berperan sebagai antibiotik yaitu mencegah pertumbuhan bakteri H Pylori. Ketika bakteri ini dicegah otomatis lapisan lambung akan terlindungi, dengan begitu cairan asam lambung tidak akan mengenai luka lambung, sehingga magh bisa terkendali. Kalau tidak terkena asam lambung lagi, itu tandanya luka lambung akan cepat menutup, sehingga tidak membuat semakin menjadi luka yang parah. Nah bagaimana ? Sobat Pembaca bisa konsumsi madu murni setiap hari, dan jika tidak kunjung sembuh bisa segera hubungi dokter ya supaya lebih jelas sampai mana masalah lambungmu.
  1. Lidah Buaya
Selain madu, lidah buaya juga dapat dijadikan sebagai antibakteri. Jadi lidah buaya ini dapat menyembuhkan luka lambung. Ketika dapat menyembuhkan luka lambung, maka masalah magh juga dapat diatasi.
  1. Licorice
Licorice atau biasa yang disebut akar manis yang dapat dimanfaatkan untuk mencegah pertumbuhan bakteri H. Pylori di lambung. Selain itu juga Licorice dapat meningkatkan produksi lendir yang melapisi lambung, sehingga tidak mudah terluka. Ketika tidak mudah terluka, maka akan meminmalisir keparahan maag.
  1. Jus Kubis
Sobat pembaca dapat memanfaatkan kubis yang dijadikan jus. Jus kubis ini dapat bermnfaat suntuk mengatasi luka lambung. Selain itu, jus kubis dapat mengatasi masalah pencernaan. Nah Sobat pembaca bahan-bahan di atas biasannya dimanfaatkan oleh para pendahulu bahkan sampai sekarang. Meskipun sekarang sudah modern, tapi khasiat dari bahan-bahan di atas masih diperlukan sebagai obat tradisional. Namun tetap ya Sobat pembaca, jika keluhanmu tak kunjung usai segeralah periksakan ke dokter. Sebab dokter akan memeriksa seberapa parah maagmu. Selain itu obat-obat dari dokter tentu akan membuat maagmu juga teratasi.   Mau sedikit cerita nih Sobat Pembaca. Pernah saya berdiskusi dengan nenek kandung dari ayah saya. Tahun kelahiran sekitar 28 tahun, tetapi sekarang sudah meninggal. Nah sewaktu masih hidup diskusilah kami. Katanya memang orang zaman dahulu kuat-kuat karena obat tradisionalnya. Ya seperti mengonsumsi jahe, kunyit, dan lain sebagainya. Misal ketika batuk jahe ditumbuk dan dibuatkan sebagai minuman atau terkadang langsung dimakan. Selain itu juga rutin mengonsumsi telur putih dari ayam kampung. Di samping sangat memanfaatkan bahan –bahan alami, orang zaman dahulu menyukai jalan jarak jauh, mungkin karena belum ada kendaraan yang sekarang sudah banyak ya. Tapi itulah pelajaran yang bisa diambil untuk kita semua sebagai generasi pejuang di zaman modern, jangan lupa manfaatkan bahan tradisional dan olahraga untuk kebugaran tubuh salah satunya mengatasi maag. Jadi buat Sobat pembaca jangan sampai maagmu terus bersarang, melaikan harus segera diatasi dengan ikhtiar. Semangat untuk kita semua, semoga Sobat Pembaca dimudahkan untuk sembuh dari maag.  
Pati Garut Untuk Maag Akut

Pati Garut Untuk Maag Akut

Solusi Zat Pati Garut Untuk Maag Akut

Solusi atasi maag dan asam lambung
Oriflakes solusi tepat mengatasi maag dan asam lambung dengan bahan alami umbi garut yang terbukti mampu menyembuhkan maag dan asam lambung.


Maag kerap terjadi oleh siapa saja, umumnya pada orang yang sering melupakan atau sengaja tidak sarapan. Lalu bagaimana yang sudah sarapan, apakah maag bisa menyerang? Bagi yang sudah sarapanpun, maag bisa menyerang seketika dengan rasa nyeri dibagian ulu hati, mual, dan muntah setelah makan. Rasa yang sangat mengganggu itu kamu bisa atasi dengan zat pati umbi garut supaya maag tidak menyerang. Sebab pati garut terbukti sangat berkhasiat mengatasi maag. Lalu bagaimana caranya mengolah pati garut untuk mengatasi maag?


1. Pilih Umbi garut berdiameter 2-3 cm lalu dikupas kulitnya
2. Setelah dikupas lalu dicuci terlebih dahulu sampai bersih
3. Kemudian dihancurkan dengan mesin penggiling
4. Selanjutnya disaring, sehingga diperoleh larutan pati
5. Larutan pati diendapkan, sehingga mendapatkan pati basah
6. Dicuci sebanyak 3-4 kali dan diendapkan
7. Terakhir pati basah dikeringkan, sehingga mendapatkan pati garut.


Nah pati garut tersebut kamu bisa manfaatkan menjadi olahan sebagai obat atau mencegah maag akut. Kamu juga bisa mencoba olahan praktis dengan khasiat realistis yaitu Oriflakes Gastro. Kini Oriflakes Gastro memiliki 2 varian yakni vanila dan jahe. Lalu apa sih kandungan di dalamnya, sehingga mampu mengobati dan mencegah maag akut? Yup karena Oriflakes Gastro terbuat dari pati garutnya. Pati garut ini yang mampu mengatasi maag dan asam lambung, mengatasi keracunan, mengatasi diare, melancarkan pencernaan, sebagai makanan pada masa penyembuhan, dan menambah energy. Banyak kan manfaatnya? Sebab pati garut sendiri merupakan sumber karbohidrat dan sifatnya dapat mendinginkan perut. Jadi dapat mengatasi perut panas saat maag kambuh. Nah kalau Kamu punya riwayat diabetes nggak usah khawatir, karena di pati garut memiliki indeks 14 lebih rendah dibandingkan dengan beras yaitu 96. Selain itu, pati garut juga memiliki serat yang tinggi yang bagus untuk kesehatan pencernaan. Kamu cukup dapatkan khasiatnya tanpa repot megolahnya menggunakan Oriflakes Gastro dan Original.. Kini Oriflakes Original ada rasa gula kelapa dan tanpa gula kelapa. Oriflakes Gastro hadir ada rasa vanilla dan jahe. Tinggal Kamu mau pilih yang mana untuk segera atasi masalah maag.

Hubungi Oriflakes Center.

Wa: 088802794039

Apa bedanya maag kronis dan maag akut?
Maag sendiri terjadi karena ada peradangan pada lapisan lambung. Nah kalau maag akut terjadi karena muncul secara mendadak dan memburuk dengan cepat, sehingga sangat menggangu aktivitas. Beda halnya dengan maag kronis itu terjadi dalam kurun waktu yang sudah lama. Nah jika mempunyai riwayat maag kronis tapi dalam waktu yang lama tidak kambuh, dan sewaktu-waktu kambuh lagi maka menjadi maag akut. Maag akut jika tidak ditangani dengan benar akan menjadi semakin kompleks. Kompleksnya terjadi pada tubuh seperti penyumbatan pada saluran pencernaan, dan pendarahan pada usus lambung.

Mengenali Gejala Adanya Maag

Penyakit maag muncul disebabkan karena beberapa hal yakni luka terbuka dilapisan dalam lambung (tukak lambung), dan ifeksi bakteri. Kamu bisa mengidentifikasikan apakah gejala-gejala berikut yang kamu rasakan.


1. Sering Sendawa
2. Mudah Kenyang
3. Mual saat makan
4. Nafsu makan menurun karena terasa sakit
5. Penurunan berat badan
6. Naikny asam lambung
7. Nyeri ulu hati disertai sensasi terbakar di bagian dada
8. Perut kembung dan terasa penuh


Kalau maag sudah akut, Kamu bisa lihat gejalanya seperti ini.

1. Mual dan muntah secara terus-menerus
2. Sulit saat bernapas
3. Nyeri perut yang tiba-tiba dab terasa begitu menyakitkan
4. Anemia
5. Muntah darah
6. Tinja berwarna merah dan gelap

Mengerikan bukan jika penyakit maag akut terjadi? Semua itu bisa dicegah sebelum terjadi lho. Semua itu berawal dari perawatan badan yang Tuhan berikan kepada kita. Coba bayangkan kalau badan tidak dirawat, kemungkinan bisa lebih dari penyakit maag alias kompleks. Keindahan Tuhan memberikan badan memang harus dirawat supaya kemungkinan buruk tidak terjadi. Merawat bisa dengan memilih makanan, minuman atau atur gaya hidup menjadi sehat.

Cara Mencegah Penyakit Maag

1. Hindari Minuman yang Menjadi Pemicu
Minuman yang menjadi pemicu yaitu bersoda, berkafein seperti kopi, dan minuman berakohol karena dapat mengiritasi lambung.
2. Menghindari Makanan yang menjadi Pemicu
Sebaiknya hindari makanan yang menjadi pemicu maag. Makanan apa itu? Makanan tinggi lemak, makanan pedas, dan makanan asam.
3. Berhenti Merokok
Yup. Merokok memang menjadi penyebab segala risiko penyakit. Memang sebaiknya dihindari supaya maag tidak akut ya.

Bahan Alami dapat mengobati Maag

Kamu bisa manfaatkan tanaman yang bisa dipetik sendiri atau mudah didapat.
1. Kunyit
Kunyit memiliki kandungan polifenol senyawa antioksidan yang bersifat antiperadangan. Dengan kandungan tersebut, dapat mampu meredakan asam lambung yang menyebabkan rasa panas dalam perut pada sakit magh.
2. Madu
Madu sangat banyak khasiatnya. Sudah banyak produk kecantikan yang dikombinasikan dengan madu. Memang tidak bisa dipungkiri, salah satunya adalah bahan alami yang mudah didapat dan juga sangat baik untuk kesehatan badan. Madu dapat mencegah kenaikan asam lambung maupun makanan naik ke kerongkongan. Selain itu, madu juga dapat mengatasi gangguan lambung lainnya seperti sakit maag dan gastristis dengan menekan produksi asam lambung.
3. DaunMint
Daun mint dari dulu terkenal dan memang mampu meredakan gejala gangguan lambung seperti maag, nyeri, ulu hati, perut kembung, maupun mual.
4. Akar Manis
Akar manis dijadikan obat herbal untuk mengobati gangguan lambung secara alami. Dipercaya mampu menjadi obat herbal karena menghindari iritasi akibat asam lambung. Selain itu juga akar manis menahan asam lambung agar tidak naik ke kerongkongan. Kalau Kamu aftif mengonsumsi akar manis, maka dapat meredakan gejala sakit maag dan radang lambung. Jadi akar manis dapat menunjang kesehatan badan secara keseluruhan.
5. Nanas
Buah satu ini memang asam, tetapi khaistnya dapat membantu dalam masalah pencernaan. Nanas memiliki sifat anti peradangan, sehingga membantu pemulihan kondisi lambung. Jadi nanas ini dapat mengatasi masalah maag Kamu.
6. Jahe Merah
Jahe merah juga memiliki sifat anti peradangan, sehingga mampu mengatasi gangguan asam lambung dan maag. Selain itu juga jahe merah dapat meredam gejala seperti mual dan muntah.
Perlu Kamu tahu nih, kenapa ya lambung bisa mengalami peradangan?
Bakteri Helicobacter pylori hidup pada lingkungan yang asam, dan saat jumlahnya banyak, maka bisa menyebabkan gejala maag. Jadi bakteri ini dapat memicu infeksi pada lapisan dinding lambung. Kalau sudah begitu, solusinya adalah bisa menggunakan jahe merah. Sebab jahe merah mampu menekan jumlah bakteri, sehingga dapat mengurangi gejala maag.
Semua itu bisa dicegah atau ditangani dengan pilihan gaya hidup sehat. Kenapa? Gaya hidup sehat yang menjadi factor terbesar kesembuhan penyakit. Sebab dari memilih makanan, minuman, pola tidur, akan membuat kinerja angota dan organ tubuh dapat berjalan sebagai mana mestinya. Bayangkan jika Kamu memiliki maag, tapi gaya hidupmu selalu makan pedas dengan level tinggi? Apa yang akan terjadi di lambungmu? Bisa mengalami peradangan bukan? Atur gaya hidup sehat mulai dari sekarang.

Tips Konsumsi Daging Tanpa Takut Kolestrol Naik

Tips Konsumsi Daging Tanpa Takut Kolestrol Naik

atasi kolestrol naik, tips atasi kolestrol naik, konsumsi daging, penyebab kolestrol naik, mencegah kolestrol naik
Tips dan Cara konsumsi daging tanpa takut kolestrol Naik

Tips Mengonsumsi Daging Kurban Tanpa Takut Kolestrol

Di era pandemic sekarang ini, kita harus pandai memilih makanan yang masuk ke tubuh kita. Jangan sampai makanan berlemak tinggi membuat kolesterol naik dan memicu serangan jantung dan stroke. Apabila hal itu terjadi, kekebalan tubuh menurun, maka  tubuh kita rentan terkena covid-19 bahkan sampai kematian.

Bagaimana cara kita mengonsumsi daging sapi/kambing supaya kolesterol tidak naik?

Saat-saat idul adha sekarang, banyak orang menikmati daging sapi dan kambing sebagai menu makan. Sebenarnya daging sapi dan kambing memiliki protein yang baik buat tubuh. Akan tetapi jika mengonsumsi berlebihan, maka kolesterol naik dan dapat memicu penyakit yang serius. Saat ini tidak sedikit orang melakukan pencegahan kolestrol berlebih supaya tidak memicu penyakit yang berbahaya. Buat Kamu yang mempunyai kadar kolestrol melebihi kebutuhan tubuh, berikut nih tipsnya. Sebelum memasak daging, Anda dapat mengikuti tips-tips ini:
  1. Memilih daging sapi yang lemaknya tidak banyak misalnya paha belakang, paha depan, atau pinggang agar kolestrol tidak naik.
  2. Simpan daging sapi di dalam kulkas atau freezer bersuhu -18 derajat. Cara tersebut supaya mempertahankan umur simpan makanan. Sebaiknya simpan dalam wadah yang bersih dan tertutup rapat supaya tidak adanya pertumbuhan bakteri.
  3. Sebelum diolah, cuci terlebih dahulu dengan air bersih. Setelah itu pisahkan lemak dengan dagingnya. Begitupun dengan daging kambing pisahkan lemaknya untuk mencegah kolestrol tinggi.
Setelah mempersiapkannya sekarang Kamu bisa memasak daging sapi atau kambingnya dengan cara berikut.
  1. Hindari santan Kental
Sebaiknya saat memasak kamu bisa pakai santan yang encer. Lebih baiknya lagi masak daging dengan cara di bakar, kukus, dan dipanggang. Cara tersebut bisa mencegah tingginya kolestrol.
  1. Dicampur dengan Sayur
Sebaiknya campuri dengan sayuran supaya mengurangi senyawa berbahaya saat proses pencernaan. Selain itu, Kamu bisa tambahi bawang putih, sebab dapat menurunkan LDL supaya kolestrolmu tetap terjaga. Sebaiknya dampingi dengan makanan di bawah ini:
  1. Teh Hijau
Teh hijau bisa membantu mengurangi penyerapan kolestrol juga dapat meningkatkan kemampuan pembuangan kolestrol melalui feses. 2. Apel Buah satu ini dapat membantu menurunkan kadar LDL. Pasalnya LDL ini adalah yang membuat kadar kolestrolmu tidak bersahabat dengan tubuhmu alias memicu penyakit serius. 3. Delima Buah delima mampu membantu penyerapan kolestrol dalam darah. Jadi Kamu bisa konsumsi buah delima supaya kolestrol terjaga ya.   Kamu juga perlu tahu lebih lanjut mengenai kolestrol lho, sebab pengetahuan membuat mindsetmu  berubah dan tidak lagi menyepelekan mengenai makanan.  

KOLESTROL

Kolestrol kerap ditakuti oleh kebanyakan orang karena kaitannya dengan penyakit yang parah. Padahal kolestrol sebenarnya memiliki peran penting lho di dalam tubuh. Peran penting kolestrol adalah dapat memproduksi asam empedu, sejumlah hormone, dan vitamin D. Selain itu, kolestrol juga dapat membantu membangun sel-sel baru supaya tubuh bisa berfungsi dengan normal. Akan tetapi, kolestrol dapat menjadi boomerang bagi tubuh jika melebihi batas kebutuhan tubuh. Kolestrol tinggi dapat memicu penyakit serius seperti serangan jantung dan stroke bahkan sampai kematian. Di dalam darah kolestrol akan dibawa oleh protein. Gabungan kolestrol dan protein inilah yang dinamakan Lipoprotein. Lipoprotein terdiri dari dua yaitu Low-density Lipoprotein (LDL)/kolesterol jahat dan High-density Lipoprotein (HDL)/kolestrol baik. LDL akan membawa kolesterol ke seluruh tubuh, dan dapat menempel pada dinding arteri. Pada kondisi kolesterol yang tinggi, maka dapat mengendap pada dinding arteri, inilah pemicu penyakit berbahaya terjadi. Sebaliknya HDL memiliki peran membawa kembali kolestrol ke hati dan dihancurkan atau dikeluarkan oleh tubuh melalui kotoran atau feses.   Lalu berapa sih seharusnya kebutuhan kolestrol dalam tubuh yang ideal ? Pada orang dewasa sendiri ada batasan antara HDL dan LDL. Keduanya tidak boleh melebihi 200 miligram/deciliter (ml/dl) – 239 miligram/deciliter (ml/dl) maka bisa dikatakan ideal. Untuk HDL sendiri 50 ml/dl atau lebih, sedangkan LDL tidak lebih dari 100 mg/dl. Usahakan kadar HDL melebihi LDL supaya kesehatanmu tetap terjaga ya. Terlepas itu semua, gaya hidup bisa mempengaruhi kesehatanmu. Sebab gaya hidup bisa mempengaruhi kadar HDL dan LDL. Sebaiknya hindari diet yang tidak sehat, obesitas, dan makanan yang berlemak tinggi.

PENYEBAB KOLESTROL

Kamu harus tahu apa saja yang menjadi penyebab supaya kolestrol tidak semakin tinggi. Yuk simak!
  1. Obesitas
Kelebihan berat badan bisa mengakibatkan kolestrolmu naik apalagi jarang olahraga. Hal ini karena kadar LDL lebih tinggi dari HDL, akibatnya penyakit jantung, serangan jantung, dan stroke menyerang. Memang sebaiknya harus segera ditangani dengan cepat dengan pola makan yang sehat. Coba deh ganti sarapan dan makan malammu dengan sereal Oriflakes. Buktikan, berat badanmu akan berkurang tanpa membuat lambungmu sakit. Kamu bisa menghitungnya menggunakan indeks masa tubuh (BMI) setelah mengonsumsi Oriflakes Slim.
  1. Diet yang tidak sehat
Diet yang tidak sehat bisa membuat tubuhmu terkena penyakit misalnya asam lambung, dan maagh. Kalau sudah seperti itu, Kamu tidak akan focus dengan aktivitasmu. Sebaiknya sekarang Kamu harus ganti dengan diet nyaman dan lambung tetap aman yaitu menggunakan Oriflakes Slim. Oriflakes slim sendiri mengandung flakes yang banyak tentu akan membuatmu terasa lebih kenyang lama. Selain itu, Oriflakes slim memiliki serat pangan 3 gram tentu bagus untuk lambungmu. Jika berat badanmu sudah turun itu adalah kunci terhadap kolestrolmu. Sebab, jika berat badanmu turun, maka tubuh merespon secara normal terhadap perubahan lemak makanan. Hal demikian karena kadar LDL akan berkurang, sedangkan HDL bisa membantu melalui proses pengeluaran feses.
  1. Kurang Berolahraga
Kurang berolahraga bahkan tidak pernah berolahraga juga bisa memicu kolestrol jahat meningkat di tubuhmu lho. Bayangkan saja, jika Kamu mengonsumsi makanan berlemak tinggi, sedangkan tubuh jarang digerakkan/olahraga, maka tidak ada penurunan berat badan. Sebab penurunan berat badan membantumu mengontrol kadar kolestrol terutama untuk meningkatkan HDL dan mengeluarkan LDL dalam tubuh. Kamu bisa berolahraga seperti jogging, bersepeda, dan renang.
  1. Merokok dan Ngemil Gorengan
Merokok sudah dikenal dengan zat nikotinnya yang berbahaya terhadap jantung. Kalau Kamu terus-terusan merokok, maka kadar LDL yang tinggi dalam tubuhmu tentu akan semakin parah. Kalau ngemil gorengan itu juga akan menimbulkan kolestrol semakin naik lho. Kenapa? Gorengan umumnya terbuat dari tepung, sedangkan tepung sangat mudah dan banyak sekali menyerap minyak. Semakin lama Kamu menggoreng, maka minyak akan terserap banyak. Nah jika Kamu konsumsi gorengan berlebihan, maka sudah tentu akan membuat kadar LDL akan naik. Apalagi jika minum kopi bebarengan dengan ngemil gorengan sudah dipastikan akan membuat LDL meningkat, dan terkena penyakit jantung semakin cepat. Jadi harus waspada ya, Kamu bisa ganti dengan makan biji-bijian yang rendah lemak, sayur-sayuran, kacang-kacangan, dan buah-buahan.
  1. Diabetes
Orang yang mengidap diabetes juga pasti akan mempengaruhi kadar LDL naik, dan HDL turun. Hal demikian akan menyebabkan risiko serangan jantung. Nah sekarang Kamu sudah tahu kan penyebab Kolestrol. Yuk atur gaya hidup Kita semakin sehat supaya terhindar dari Kolestrol tinggi dan penyakit serius. Kalau Kamu sudah menyadari gaya hidup sehat itu penting, maka aktivitasmu akan lancar tanpa gangguan dari penyakit. Yuk gaya hidup sehat, dan raih kolestrol baik dalam tubuhmu.
Cegah Asam Lambung

Cegah Asam Lambung

Cegah Asam Lambung Dengan Cara Alami

Menderita sakit asam lambung membuat kegiatan sehari hari menjadi sangat tidak nyaman. Sakit asam lambung disebabkan karena meningkatnya asam lambung yang menuju ke esofagus atau bisa disebut dengan kerongkongan. Kondisi tersebut dapat terjadi khusunya pada bagian saluran pencernaan yang menghubungkan mullut ke lambung. Naiknya asam lambung adalah kondisi yang biasa terjadi kepada manusia pada umumnya akan tetapi nainya asam lambung tersebut dapat menimulkan rasa nyeri pada bagian ulu hati.

Penyebab Terjadinya Sakit Asam Lambung

Kondisi asam lambung naik dapat menimbulkan tidak bergunanya lower esophageal sphincter (LES) bisa dikatakan lingkaran otot pada bagian bawah dari esophagus. Fungsi dari LES tersebut ialah sebagai pintu otomatis yang dapat terbuka ketika makanan atau minuman turun menuju ke perut.

Beberapa penyebab terjadinya sakit asam lambung ialah sebagai berikut :

  • Berat badan yang berlebih
  • Sering mengkonsumsi minuman beralkohol, minuman berkafein tinggi, dan juga merokok.
  • Perubahan hormon pada saat keadaan hamil
  • Terlalu banyak dan sering mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak tinggi
  • Terlalu banyak pikiran atau orang menyebutnya dengan stress juga dapat membuat LES tidak bekerja dengan benar.
Cara Cegah Asam Lambung
Banyak sekali cara mencegah sakit asam lambung

Beberapa Gejala Sakit Asam Lambung

  • Dada terasa Terbakar atau nyeri pada bagian ulu hati
  • Terasa sulit saat menelan
  • Mulut terasa asam dan pahit saat memakan
  • Terjadinya batuk kering secara continue terutama pada malam hari
  • Dada terasa sakit
  • Nafas yang berbau tidak sedap
  • Rusaknya pada bagian gigi

Pada umumnya sakit asam lambung yang ringan sebenarnya hanya akan terjadi sekali atau dua kali dalam jangka waktu sebulan, sehingga pada intinya tidak memerlukan penanganan medis yang khusus. Akan tetapi jika terjadi terlalu sering sakit asam lambung akan menjadi sangat parah jika tidak segera dicegah.

Mencegah Sakit Asam Lambung

Sebenarnya ada cara untuk mencegah sakit asam lambung dengan ditangani diri sendiri tanpa perlu penanganan oleh dokter. Oriflakes dengan bahan utama umbi garut dapat membantu mencegah terjadinya sakit asam lambung. Seratyang terkandung pada umbi garut sangat bagus untuk pencernaan dan menurut penelitian seratnya sudah mampu memenuhi serat harian Anda. Berikut ini adalah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mencegah terjadinya sakit asam lambung :

  • Memakan makanan dengan prosi yang tidak banyak, tetapi sering
  • Mengurangi makanan yang mengandung lemak tinggi
  • Mengurangi makanan yang terasa pedas
  • Hindarilah minuman yang mengandung Alkohol, berkafein tinggi
  • Menghentikan kebiasaan merokok
  • Jagalah berat badan agar selalu proporsional
  • Olah raga dengan teratur setiap hari
  • Mngkonsumsi Oriflakes secara rutin dengan takaran yang pas

Sakit asam lambung pada umumnya sering terjadi kepada orang yang sudah lanjut usia namun tidak menuntup kemungkinan sakit asam lambung juga dapat menyerang kepada bayi. Sakit asam lambung dapat menyerang kepada bayi itu terjadi karena otot LES masih dalam tahap pertumbuhan. Gejala sakit asam lambung yang terjadi pada bayi antara lain adalah terjadinya gumoh atau sendawa sesaat setelah menyusu atau makan. Sangat penting untuk mewaspadai apabila gejala tersebut terjadi dan tidak kunjung hilang jika anak menginjak usia satu tahun.